Selasa, Juli 16, 2024
28.4 C
Indramayu
BerandaDaerahSalat Idul Fitri 1444 H di Masjid Sabilul Muttaqien, GM Pertamina Balongan:...

Salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Sabilul Muttaqien, GM Pertamina Balongan: Momentum Saling Memaafkan

Sekbernews.id – INDRAMAYU Ratusan orang khidmat mengikuti salat Idul Fitri 1444 H yang digelar PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), di halaman Masjid Sabilul Muttaqien, Perumahan Pertamina Bumi Patra, Sabtu (22/4/2023).

Sebelum salat ‘Ied digelar, Ketua BDI RU VI, Endra Setiawan menyampaikan laporan kegiatan ramadan yang telah lalu. Ia menyampaikan bahwa kegiatan seperti tarawih, kultum, lomba dakwah kreatif, buka puasa bersama, sahur dan iktikaf di lingkungan Pertamina RU VI berjalan lancar.

“Selama Ramadan, sebanyak 4810 Iftar Nasi Box telah disalurkan kepada masyarakat yang setiap hari berbuka puasa di Masjid Sabilul Muttaqien Pertamina RU VI,” terang Endra.

Endra melanjutkan untuk Program Baituzzakah Pertamina (Bazma), terkumpul zakat fitrah beras sebanyak 640 Kg, zakat uang sebesar Rp 22.386.600, zakat maal sebesar Rp 126.275.000, fidyah Rp 7.040.000, dan infaq serta sedekah, sehingga total penerimaan zakat sebesar sebesar Rp sebesar Rp 162.507.100.

“Syukur Alhamdulillah 640 Kg zakat beras dan fidyah sudah disitribusikan kepada mustahik,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager PT KPI Refinery Unit VI Balongan Diandoro Arifian dalam sambutannya mengucap syukur atas operasional Kilang Balongan yang beroperasi dengan handal sehingga bisa menyuplai kebutuhan BBM untuk masyarakat saat Lebaran.

Diandoro melanjutkan, Hari Raya Idul Fitri ini hendaknya dijadikan sebagai momen bersilaturahmi dan saling memaafkan antar sesama.

“Saya menyampaikan sebagai hamba Allah tentu dlm pergaulan banyak melakukan kesalahan sengaja atau tidak, sehingga saya memohon maaf atas kesalahan yang pernah terucap atau dibuat,” katanya.

Diandoro berpesan, ummat harus adaptif atas perubahan yg datang, sehingga diharapkan bisa bersama-sama terus meningkatkan iman, takwa dan amal ibadah sehingga bisa dijadikan bekal menghadapi hari akhirat yang penuh dengan keberkahan.

Pelaksanaan Sholat Ied ini menghadirkan KH. Mu’tamad, LC, M.Pd, Alhafidz sebagai imam dan khatib. Ia berceramah tentang makna puasa dalam menjaga sifat dan perilaku untuk menjadikan manusia yang kembali bersih dari dosa, menjadi individu pemaaf, dan mau mendoakan sesama agar tidak terjadi perselisihan dan pertengkaran.

Setelah salat ‘Ied ini selesai, acara dilanjutkan dengan open house di rumah dinas General Manager PT KPI RU VI.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini