Minggu, Mei 19, 2024
28.6 C
Indramayu
BerandaDaerah13.050 Calon Haji Siap Berangkat dari Embarkasi Haji Indramayu

13.050 Calon Haji Siap Berangkat dari Embarkasi Haji Indramayu

Sekbernews.id – INDRAMAYU Asrama Haji Embarkasi Indramayu, Jawa Barat (Jabar), bersiap memfasilitasi keberangkatan 13.050 jemaah calon haji pada tahun 2024. Pemberangkatan akan dilakukan dalam 30 kloter yang terjadwal.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat, Boy Hari Novian, mengungkapkan bahwa Kemenag Jabar telah menyiapkan dua tower di Asrama Haji Indramayu guna menampung jemaah calon haji.

“Dengan Alhamdulillah, kita sudah menyiapkan sarana dan prasarana khusus untuk menerima jemaah haji di tahun 2024 ini,” ujar Boy di Asrama Haji Embarkasi Indramayu, pada Selasa (7/5/2024).

Dia menambahkan bahwa pada tahun 2024, jumlah jemaah calon haji mengalami peningkatan, terutama dari Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, yang menyumbangkan lima kloter tambahan.

“Di tahun ini, kita akan memberangkatkan sebanyak 30 kloter dengan jumlah jemaah 13.050, mengalami kenaikan lima kloter dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 25 kloter dari Embarkasi Indramayu ini,” ucapnya.

Boy juga menyoroti upaya pemerintah dalam memberikan fasilitas ekstra kepada jemaah lansia untuk memudahkan mereka dalam menjalankan ibadah haji. Fasilitas tersebut antara lain berupa kamar di lantai satu dan penggunaan lift.

“Penggunaan dua tower menjadi solusi kami untuk memberikan fasilitas khusus kepada jemaah lansia. Mereka akan ditempatkan di lantai pertama agar tidak kesulitan dalam aksesibilitas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Boy menyebut bahwa setiap kamar akan diisi oleh empat jemaah, dengan total 104 kamar yang telah disediakan.

“Pada setiap kloter, kami telah menyiapkan 104 kamar dengan kapasitas empat orang per kamar. Jadi, dengan 440 jemaah, akan ada 111 kamar yang digunakan oleh jemaah dan petugas,” tambahnya.

Diketahui, penerimaan kloter pertama jemaah calon haji di Asrama Haji Embarkasi Indramayu, Jawa Barat, dijadwalkan pada Sabtu (11/5/2024), sementara pemberangkatan ke Saudi Arabia akan dilakukan pada hari Minggu (12/5/2024) melalui Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini