Sabtu, Juli 27, 2024
30 C
Indramayu
BerandaNasionalElon Musk Tiba di Bali Penuhi Undangan World Water Forum

Elon Musk Tiba di Bali Penuhi Undangan World Water Forum

Sekbernews.id – BALI CEO SpaceX dan Tesla, serta pemilik platform media sosial X, Elon Musk, tiba di Indonesia pada Minggu (19/5/2024) pagi.

Informasi ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan melalui akun Instagram resminya, @luhut.pandjaitan.

Dalam postingan tersebut, Luhut mengabarkan bahwa Elon Musk tiba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, dan langsung disambut olehnya.

“Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini, kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini dan tentunya beberapa kerjasama penting,” tulis Luhut dalam postingannya, dikutip oleh Sekbernews.id pada Minggu (19/5/2024).

Kedatangan Elon Musk ke Bali adalah untuk memenuhi undangan dalam perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10, sebuah acara yang fokus pada isu-isu lingkungan, kebersihan dan konservasi air, energi, serta pangan.

Selain menghadiri WWF, Luhut mengungkapkan bahwa Elon Musk juga akan membahas sejumlah kerjasama penting dengan pemerintah Indonesia. Salah satu agenda utama Elon Musk adalah meresmikan peluncuran layanan internet satelit Starlink bersama Presiden Joko Widodo.

“Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden @jokowi (Joko Widodo) hari ini dari salah satu puskesmas di wilayah Denpasar, Bali,” lanjut Luhut.

Dalam acara peresmian tersebut, Elon Musk akan ditemani oleh beberapa menteri kabinet, termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Peluncuran Starlink di Indonesia dianggap sangat penting oleh Luhut karena dapat mempercepat transformasi digital dengan menyediakan akses internet di daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau jaringan internet.

“Melalui ketersediaan akses internet yang merata di seluruh provinsi, digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat,” ujar Luhut.

“Dan yang paling penting, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan,” tambahnya.

Sebelumnya, rencana kunjungan Elon Musk ke Indonesia sempat beberapa kali tertunda. Pada November 2022, Musk dijadwalkan menjadi pembicara di B20 Summit Indonesia 2022 di Bali, namun tidak terealisasi.

Pada Agustus 2023, Luhut kembali mengumumkan rencana kunjungan Elon Musk pada September – Oktober 2023 untuk membahas investasi dan produksi baterai lithium serta kerjasama dengan Starlink, tetapi rencana tersebut juga tidak terlaksana.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Dasukihttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini