Minggu, Mei 19, 2024
28.6 C
Indramayu
BerandaDaerahPemkab Indramayu Gelar Sosialisasi Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten

Pemkab Indramayu Gelar Sosialisasi Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten

Sekbernews.id – INDRAMAYU Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu sedang melakukan pencarian Posyandu terbaik dari berbagai desa dan kelurahan di wilayahnya. Posyandu yang dianggap terbaik adalah yang mampu melakukan revitalisasi kegiatan multifungsi serta menjadi garda terdepan dalam layanan kesehatan.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Jajang Sudrajat, bersama Kepala Bidang Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan, Erwin Pujadi, menyampaikan hal ini dalam Rakor Persiapan Lomba Posyandu di Ruang Ki Sidum Setda Indramayu pada Selasa (7/5/2024).

Rakor tersebut diikuti oleh Ketua Pokjanal Posyandu dari seluruh kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Posyandu merupakan lembaga kemasyarakatan yang menjadi pusat partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan, terutama ibu dan anak.

Erwin menjelaskan bahwa Posyandu harus terus berperan dan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman.

Proses pencarian Posyandu terbaik melalui tahap seleksi yang melibatkan masing-masing desa dan kecamatan. Posyandu yang terpilih akan dinilai berdasarkan berbagai kriteria, termasuk administrasi, kegiatan Posyandu, pemahaman tentang kesehatan, keorganisasian, serta kemampuan kader dalam melaksanakan penyuluhan. Penilaian ini akan diwujudkan dalam formulir penilaian yang telah disediakan.

“Posyandu yang akan dilombakan haruslah mandiri, terintegrasi, dan memiliki beragam kegiatan yang bermanfaat,” ujar Erwin.

Sebagai bentuk apresiasi, hadiah senilai Rp50 juta disiapkan untuk pemenang pertama, Rp15 juta untuk pemenang kedua, dan Rp10 juta untuk pemenang ketiga.

Erwin menekankan bahwa revitalisasi Posyandu saat ini menjadi suatu keharusan, terutama karena upaya Bupati Indramayu, Nina Agustina, dalam pencegahan dan penanganan stunting. Posyandu diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam mendeteksi kasus stunting di Kabupaten Indramayu.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini