Kamis, April 25, 2024
30.6 C
Indramayu
BerandaPemerintahanMiliki Data Stunting Validasi Se Indonesia, Telkomsel Pilih Indramayu Sebagai Pilot Project...

Miliki Data Stunting Validasi Se Indonesia, Telkomsel Pilih Indramayu Sebagai Pilot Project Nasional

spot_img

Reporter : Toto

sekbernews.id – INDRAMAYU Program gerakan penurunan stunting (gagal tumbuh) di Kabupaten Indramayu terus didorong. Kabupaten Indramayu bahkan masuk dalam kelompok tiga besar daerah yang berhasil menurunkan angka stunting pada balita di Jawa Barat.

Hasil survei kasus gizi balita versi Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) sampai akhir tahun 2021, stunting di Kabupaten Indramayu menurun drastis di angka 14,4 persen.

Padahal sebelumnya prevalansi stunting di Kabupaten Indramayu pada tahun 2019 tercatat sebanyak 29,19 persen.

Selain telah berhasil menurunkan stunting, Kabupaten Indramayu juga menjadi satu-satunya daerah di Indramayu yang memiliki validasi data stunting yang akurat hingga ke tingkat kecamatan.

Apalagi validasi data stunting sangat diperlukan untuk menentukan langkah dan membuat program dalam upaya menurunkan angka stunting.

Baca Juga : Presiden Jokowi Perintahkan Percepatan Vaksinansi, Bupati Indramayu: Masyarakat Patuhi Prokes

Pernyataan ini disampikan Vice President Area Account Management, Yogi Riskian Bahar, di Indramayu, Jumat 18 Februari 2022 kemarin. Di Indramayu, Yogi memberikan dukungan terhadap program Gesit (Gerakan Penurunan Stunting Indramayu Terpadu).

Dukungan itu berupa pemberian pelayanan kartu perdana dan paket top up pulsa prepaid untuk 4.239 orang pendamping keluarga pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Indramayu.

“Indramayu menjadi daerah pertama, pilot project nasional program BKKBN (penurunan stunting). Kami bantu dan support 4.329 orang penyuluh. Alasannya karena Indramayu ini luar biasa, secara nasional, datanya sangat valid dan clear, bahkan cecking sampai di kecamatan,” tukas Yogi.

Lebih rinci Yogi menjelaskan, keikutsertaan Telkomsel pada kegiatan pencegahan stunting di Kabupaten Indramayu ini merupakan semangat #BukaSemuaPeluang dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan maju.

Baca Juga :Ditengah Gaduh Interpelasi DPRD Indramayu , Ridwan Kamil Undang Bupati Indramayu

Langkah ini juga, kata dia, menjadi bagian dari komitmen Telkomsel dalam menjalankan perannya sebagai connectivity enabler untuk terus mendukung kemajuan Pemkab Indramayu melalui transformasi digital.

“Saya yakin, dibawah kepemimpinan ibu bupati saat ini, Indramayu akan lebih baik dan maju, termasuk kemajuan transformasi digital. Buktinya, karena validasi datanya akurat, Indramayu kami pilih sebagai daerah pertama untuk kerjasama ini,” tandas Yogi.

Baca Juga: Bupati Indramayu Nina Agustina Dikenalkan Varietas Padi ‘’Tri Sakti’’

Sementara itu, Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan dukungan dan kerjasama dengan Telkomsel diharapkan akan berjalan dengan baik, terutama dalam pelaksanaan program Gesit.

Nina juga berharap, dukungan dari Telkomsel akan ikut mendorong semakin turunnya angka stunting di Kabupaten Indramayu.

“Melalui kerjasama ini, para penyuluh atau pendamping keluarga akan lebih mudah melaksanakan kegiatannya di lapangan karena telah disediakan jaringan internet secara luas dari Telkomsel,” kata Nina.*\

Editor : L Darsono

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini