Kamis, Mei 9, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaDaerahPertamina Balongan Gelar Latihan Tanggap Bencana untuk Pemuda Indramayu

Pertamina Balongan Gelar Latihan Tanggap Bencana untuk Pemuda Indramayu

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Ratusan pemuda di Kabupaten Indramayu mendapat pelatihan kebencanaan. Mereka dilatih agar tanggap terhadap bencana dan melakukan pertolongan bagi yang membutuhkan.

Pelatihan ini digelar oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan. Kegiatan dengan tema “Camp Relawan Indramayu” ini dilaksanakan pada 25-26 Februari 2023 di Perumahan Pertamina Bumi Patra, Kabupaten Indramayu.

Menurut General Manager Pertamina RU VI, Diandoro Arifian, pelatihan ini ditujukan sebagai rangkaian peringatan Bulan K3. Namun menurutnya lebih jauh lagi, pelatihan ini ditujukan agar warga Indramayu lebih tanggap terhadap bencana.

“Semoga ilmu pada pelatihan ini bermanfaat dan menjadi bekal kesigapan warga Indramayu untuk tanggap bencana,” ungkap Diandoro.

Kegiatan ini diikuti oleh 127 orang peserta yang terdiri dari aktivis Karang Taruna, perwakilan pelajar, mahasiswa, serta komunitas maupun organisasi pecinta alam di Indramayu.

Pada hari pertama, mereka dilatih tanggap bencana, penanganan pengungsi, serta rehabilitasi wilayah yang disampaikan oleh Dandim 0616/Indramayu, Letkol ARM Andang Radianto. Juga ada materi penanganan tanggap darurat serta satkamling dari Polres Indramayu.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Indra Mulyana, juga mengisi materi tentang mitigasi pemulihan lingkungan pasca bencana. Sementara dari BPBD Indramayu memberikan materi soal sosialisasi pra dan pasca bencana.

Pada penanganan pengungsi, pendirian dapur umum juga sama pentingnya. Oleh karena itu mereka dilatih mendirikan tenda darurat dan manajemen dapur umum yang disampaikan oleh Tagana dari Dinas Sosial Indramayu.

Sebagai penutup, diadakan sharing session dengan Forum Koordinasi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D) Kabupaten Indramayu.

Untuk hari kedua, mereka belajar teknik penanganan api dari Tim Emergency and Insurance HSSE RU VI Balongan. Serta diajari pula teknik water rescue dari Kantor SAR Bandung, serta first aid dari PMI Indramayu.

*Ikuti berita terbaru Sekbernews di Google News.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini