Kamis, Mei 9, 2024
29 C
Indramayu
BerandaDaerahBerhasil Turunkan Miskin Ekstrim, Bupati Nina Terima Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal

Berhasil Turunkan Miskin Ekstrim, Bupati Nina Terima Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Bupati Indramayu, Nina Agustina, kembali meraih Piagam Penghargaan di berbagai sektor sebagai bukti nyata dari dedikasi dalam melaksanakan program pembangunan.

Salah satu penghargaan yang diterimanya adalah Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal dalam kategori “Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem” Tahun Anggaran 2023. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia di Istana Wakil Presiden Jakarta pada Kamis (09/11/2023).

Penyerahan penghargaan ini mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 350 Tahun 2023 tentang Rincian Alokasi Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan. Sebanyak 7 provinsi terbaik dan 18 Kabupaten/Kota terbaik masing-masing akan menerima insentif fiskal kesejahteraan sosial dalam kisaran 5 hingga 6,9 Miliar.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menjelaskan bahwa pemberian piagam penghargaan didasarkan pada kinerja daerah, kepatuhan dalam verifikasi data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Penerimaan penghargaan ini dinilai berdasarkan kinerja daerah, kepatuhan dalam verifikasi data P3KE, dan pelaporan pelaksanaan upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, alokasi, dan realisasi APBD bersifat langsung maupun penunjang,” ujarnya.

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, sebagai Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), menyampaikan langkah konkret yang telah diambil untuk mencapai target penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Penajaman penerima manfaat melalui pengembangan data P3KE dan konvergensi program dan anggaran menjadi langkah konkret dalam penghapusan kemiskinan ekstrem, termasuk penyesuaian APBN, APBD, dan APBDes,” katanya.

Wakil Presiden RI tersebut juga mencatat penurunan signifikan kemiskinan ekstrem pada Maret 2023, mencapai 1,12 persen. Ia menekankan pentingnya menjaga tren penurunan ini hingga target tercapai. Dengan prestasi tersebut, K.H. Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah yang berhasil meraih piagam penghargaan.

“Apresiasi saya sampaikan kepada seluruh Kepala Daerah yang berkinerja baik hingga berhasil mendapatkan insentif fiskal ini. Semoga insentif fiskal dapat mendorong kinerja lebih baik lagi dan menjangkau keluarga miskin melalui program di daerah,” ungkapnya.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyatakan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan oleh Wakil Presiden RI. Ia meyakini penghargaan tersebut akan menjadi motivasi tambahan bagi Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam menurunkan angka Kemiskinan Ekstrem.

“Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Wakil Presiden berupa insentif fiskal yang pastinya akan memotivasi kinerja Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam menurunkan Kemiskinan Ekstrem,” katanya.

Bupati Nina menambahkan bahwa untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem, Pemkab Indramayu telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan dengan melibatkan 17 Perangkat Daerah terkait, seluruh kecamatan, serta dukungan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi.

“Saya berharap insentif fiskal ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam menurunkan kemiskinan ekstrem di Indramayu. Namun, upaya ini harus didukung oleh kebenaran data kemiskinan dari masyarakat, karena basis data kemiskinan juga harus tepat,” harapnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini