Jumat, Mei 10, 2024
28 C
Indramayu
BerandaKesehatanWaspadai Nyeri Dada Kiri, Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini

Waspadai Nyeri Dada Kiri, Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini

spot_img

Sekbernews.id – Nyeri dada sebelah kiri seringkali dihubungkan dengan tanda serangan jantung, namun ternyata ada beberapa penyebab lain yang juga perlu kita waspadai.

Kondisi nyeri dada sebelah kiri adalah hal yang seringkali menimbulkan kekhawatiran dan harus segera mendapatkan perhatian medis yang tepat.

Terlebih jika nyeri dada disertai gejala lain seperti sensasi tekanan yang tidak nyaman, sesak napas, sensasi terbakar, mual atau muntah tiba-tiba, sakit kepala, rasa lelah yang tidak biasa, keringat dingin, serta sensasi berat dan lemah di salah satu atau kedua lengan.

Namun, penting untuk diingat bahwa nyeri dada sebelah kiri tidak selalu berkaitan dengan masalah jantung, karena bisa juga disebabkan oleh gangguan pada organ lain, seperti paru-paru, tulang, atau sistem pencernaan.

Inilah beberapa penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu kita ketahui:

Angina

Angina bukan penyakit, melainkan gejala dari penyakit jantung koroner, meskipun kondisi jantung lain juga dapat menyebabkannya.

Angina adalah kondisi di mana otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen dari aliran darah, yang kemudian menyebabkan rasa nyeri dada. Penting untuk diwaspadai, karena angina dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Gejala angina termasuk nyeri dada, sensasi berat, serta tekanan pada dada. Rasa sakit dan ketidaknyamanan ini juga bisa dirasakan di lengan kiri, bahu kiri, sisi kiri leher, dan rahang kiri. Beberapa orang mungkin juga merasakan ketidaknyamanan di punggung.

Serangan jantung

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhambat secara mendadak, menyebabkan nyeri dada yang hebat.

Nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh serangan jantung biasanya disertai dengan gejala lain seperti keringat dingin, sesak napas, mengi, mual, dan muntah.

GERD

Nyeri dada juga bisa berhubungan dengan penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). American College of Gastroenterology (ACG) menyebutnya sebagai noncardiac chest pain (NCCP).

Pada beberapa kasus, nyeri dada akibat GERD umumnya memengaruhi bagian atas tubuh. Rasa sakit seringkali terasa di belakang tulang dada atau tepatnya di daerah yang disebut epigastrium.

NCCP terkadang disertai dengan sensasi terbakar di belakang tulang dada dan mungkin tidak terlalu dirasakan di lengan kiri.

Refluks asam lambung dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan dan bahkan menyebabkan kejang pada otot-otot di sekitar saluran makanan. Kejang pada kerongkongan bisa menghasilkan rasa sakit di tenggorokan dan di bagian atas dada.

Pneumonia

Ketika Anda merasakan nyeri dada yang memburuk saat bernapas, ini bisa menandakan masalah pada paru-paru atau jaringan di sekitarnya, dan mungkin merupakan gejala pneumonia.

Nyeri dada biasanya disertai dengan batuk dan sesak napas. Pneumonia adalah peradangan pada paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Selain nyeri dada, gejala lain yang mungkin muncul adalah batuk (biasanya berdahak), demam, berkeringat berlebihan, sesak napas, mual atau muntah, serta sakit kepala.

Serangan panik

Sebagian kasus nyeri dada sebelah kiri bisa menjadi bagian dari kecemasan atau serangan panik. Perasaan cemas yang intens juga dapat menyebabkan jantung berdebar, berkeringat, sesak napas, dan pusing.

Sebagian besar serangan panik berlangsung selama 5-20 menit. Jika Anda mengalami serangan panik secara berkala, sebaiknya Anda mencari bantuan dari seorang psikolog atau profesional kesehatan mental.

Otot Tegang

Nyeri dada juga bisa berhubungan dengan masalah pada otot dan tulang. Jika dada terasa sakit saat disentuh, hal ini mungkin disebabkan oleh otot dada yang tegang. Dengan istirahat yang cukup, otot dapat rileks dan rasa sakit akan mereda.

Namun, jika Anda mengalami rasa sakit, pembengkakan, dan ketidaknyamanan di sekitar tulang rusuk, terutama saat berbaring, bernapas dalam-dalam, batuk, atau bersin, maka Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut costochondritis.

Costochondritis disebabkan oleh peradangan pada persendian antara tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dengan tulang dada (sternum). Jika Anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Hernia Hiatal

Hernia hiatal adalah kondisi di mana bagian atas lambung mendorong naik ke atas diafragma, dan ini dapat menyebabkan sensasi panas di dada (heartburn) serta nyeri pada dada sebelah kiri.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini