Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaDaerahSatu Warga Cirebon Positif Cacar Monyet

Satu Warga Cirebon Positif Cacar Monyet

spot_img

Sekbernews.id – CIREBON Seorang warga di Kota Cirebon telah terkonfirmasi positif terjangkit cacar monyet, yang juga dikenal sebagai Monkeypox (MPOX). Dinas Kesehatan Kota Cirebon saat ini tengah berupaya untuk mengisolasi dan merawat penderita ini di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Siti Mariah, telah mengkonfirmasi informasi ini. Ia menyebutkan bahwa pasien yang terinfeksi adalah seorang pria dewasa, namun penyebab pasti dari infeksi ini belum dapat dipastikan.

“Ada satu orang yang dinyatakan positif terjangkit cacar monyet. Pasien ini adalah seorang pria dewasa,” ungkap Siti Mariah pada hari Rabu (8/11/2023).

Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Cirebon tengah berupaya untuk merujuk pasien ini ke salah satu rumah sakit yang telah mempersiapkan fasilitas isolasi khusus untuk kasus Monkeypox.

“Kami sedang berusaha keras untuk menjalani perawatan. Rencananya, kami akan merujuknya ke Rumah Sakit Gunung Jati yang telah menyiapkan layanan isolasi khusus untuk kasus Monkeypox. Kami bersyukur bahwa fasilitas tersebut telah tersedia,” ungkap Siti Mariah.

Sejak dikonfirmasi kembali di Tanah Air pada 13 Oktober 2023, jumlah kasus kumulatif Monkeypox (MPOX) di Indonesia telah mencapai 38 orang. Data ini didapatkan dari Kementerian Kesehatan RI per Selasa (7/11/2023). Terdapat penambahan tiga kasus baru pada hari yang sama.

Seluruh kasus Monkeypox (MPOX) yang terkonfirmasi hingga saat ini dilaporkan terjadi melalui kontak seksual. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr. Maxi Rein Rondonuwu, menjelaskan bahwa penyebaran kasus Monkeypox semakin meluas.

“Pada hari ini, jumlah kasus Monkeypox (MPOX) telah mencapai 38, dengan penambahan tiga kasus baru dibandingkan dengan hari sebelumnya, yang mencapai 35 kasus. Salah satu kasus baru berasal dari Kota Cirebon,” ujar dr. Maxi Rein Rondonuwu pada hari Selasa (7/11/2023).

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Dasukihttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di Indonesia.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini