Kamis, Mei 9, 2024
28.3 C
Indramayu
BerandaKesehatanSiapa dr Victor Chang yang Profilnya Jadi Google Doodle Hari Ini?

Siapa dr Victor Chang yang Profilnya Jadi Google Doodle Hari Ini?

spot_img

Sekbernews.id – Dr. Victor Chang, yang tampil di Google Doodle hari ini, merupakan salah satu ahli bedah jantung terkemuka di Australia dan diakui sebagai pelopor dalam bedah transplantasi jantung modern.

Ia lahir pada 21 November 1936 di Shanghai, China, Dr. Chang kemudian menetap di Australia pada awal tahun 1950-an dan menyelesaikan pendidikannya di Amerika Serikat dan Inggris sebelum kembali ke St Vincent’s Hospital di Sydney, Australia​​​​.

Di Sydney, Dr. Chang bekerja dengan para dokter yang melakukan transplantasi jantung pertama di Australia pada tahun 1968. Dia sendiri berhasil melakukan transplantasi jantung pertama yang sukses di Australia pada tahun 1984.

Sebulan kemudian, ia mengoperasi Fiona Coote, yang berusia 14 tahun saat itu, menjadikannya penerima transplantasi jantung terlama di negara tersebut. Dr. Chang juga dikenal atas pengembangannya terhadap katup jantung buatan yang bisa digunakan dalam bedah​​.

Latar Belakang

Dr. Chang adalah anak dari orang tua keturunan Tionghoa yang lahir di Australia. Kehidupannya terkena dampak perang saat keluarganya pindah dari Hong Kong ke Myanmar (Burma), dan akhirnya ke Sichuan, China.

Setelah kematian ibunya akibat kanker payudara pada tahun 1948, minatnya pada bidang kedokteran mulai tumbuh. Dia lulus dengan gelar sarjana dalam ilmu kedokteran dari Universitas Sydney pada tahun 1961, dan dua tahun kemudian ia lulus dengan gelar sarjana dalam kedokteran dan bedah sebelum menyelesaikan residensinya di St. Vincent’s Hospital. Dr. Chang kemudian melanjutkan pendidikan dan pelatihannya di Inggris dan di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota​​.

Pada tahun 1972, Dr. Chang kembali ke Australia dan menjadi ahli bedah kardiothoraks di St. Vincent’s Hospital. Selama masa kerjanya, ia mengatur pertukaran personel medis antara St. Vincent’s dan rumah sakit di Asia Timur, serta menjadi penasihat resmi bedah kardiovaskular di Indonesia dan Jepang.

Pada tahun 1984, ia mendirikan program transplantasi jantung pertama di Australia di St. Vincent’s. Dr. Chang juga membantu mengembangkan katup jantung buatan berbiaya rendah yang kemudian dibagikan ke rumah sakit di Asia dan daerah lainnya. Pada tahun 1986, pemerintah Australia memberinya penghargaan Companion of the Order of Australia atas kontribusinya dalam bidang kedokteran​​.

Dr. Chang dikenal sebagai seorang pahlawan nasional dan dianggap sebagai “dokter paling terkemuka di belahan bumi selatan”. Inovasinya dalam bidang transplantasi jantung memiliki dampak bagi pasien jantung tidak hanya di Australia dan Asia Tenggara, tetapi juga di seluruh dunia.

Selain sebagai ahli bedah yang peduli dan kemanusiaan, Dr. Chang memiliki visi untuk mendirikan institut penelitian medis kelas dunia, dengan keyakinan bahwa melalui penelitian, dia dapat menyelamatkan ribuan nyawa lebih banyak dibandingkan hanya melalui operasi.

Dr. Victor Chang meninggal dalam keadaan tragis di Sydney pada tanggal 4 Juli 1991. Untuk menghormatinya, Victor Chang Cardiac Research Institute didirikan pada tahun 1994 dan dibuka dua tahun kemudian di Sydney. Pada tahun 1999, ia dinobatkan sebagai Australian of the Century oleh rakyat Australia​​.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini