Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaDaerahSiap Tugas Kemanusiaan, Pertamina Gelar Latihan Tanggap Bencana

Siap Tugas Kemanusiaan, Pertamina Gelar Latihan Tanggap Bencana

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU PT Pertamina Kilang Internasional (KPI) memang memiliki tugas utama untuk memproduksi kebutuhan energi. Meski begitu tanggung jawab sosial pun tak luput dilakukan.

Salah satu wujudnya dengan melakukan tanggap darurat terhadap kebencanaan. Oleh karena itu, PT KPI telah menggelar Pelatihan Tim Tanggap Bencana yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 17 hingga 19 Februari 2023.

Pada pelatihan ini, bertindak sebagai tuan rumah adalah PT KPI RU VI Balongan. Sehingga pada hari pertama apel kesiapsiagaan berlangsung di helipad Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu.

Pada apel tersebut, General Manager PT KPI RU VI Balongan, Diandoro Arifian, bertindak sebagai pembina apel. Ia berharap kegiatan ini mampu menjadikan para relawan memiliki kompetensi yang memadai untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan kepada korban bencana alam di wilayah Indonesia.

“Seperti kita maklumi bersama, akhir-akhir ini terdapat kecenderungan terjadi bencana yang cukup signifikan dan menimbulkan kerugian harta benda dan Pertamina juga selalu turut hadir menyalurkan bantuan baik berupa logistik, bantuan obat-obatan, pakaian, dan sebagainya”, terangnya.

Pada hari pertama ini juga diisi dengan workshop oleh pemateri Komandan Kodim 0616/Indramayu, Letkol Arm. Andang Radianto, serta Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar.

Sementara itu hari kedua dan ketiga dilaksanakan di Bumi Perkemahan Trijaya, Kabupaten Kuningan. Disini para peserta dilatih ketangkasan serta capacity building oleh anggota Batalyon Athanud-se 14 Cirebon.

Adapun para peserta sendiri merupakan perwakilan tim security dari PT KPI mulai dari Refinery Unit (RU) 2 Dumai, RU 3 Plaju, RU IV Cilacap, RU V Balikpapan, RU VI Balongan, dan RU VII Kasim.

Ada juga yang berasal dari organisasi pecinta alam Pertamina, Patrapala. Sehingga total keseluruhan peserta berjumlah 80 orang.

*Ikuti berita terbaru Sekbernews di Google News.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini