Kamis, Mei 9, 2024
30 C
Indramayu
BerandaDaerahPenerimaan Zakat Bazma Pertamina RU VI Capai Rp191 Juta

Penerimaan Zakat Bazma Pertamina RU VI Capai Rp191 Juta

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Sholat Ied dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah berlangsung khidmat di Halaman Masjid Sabilul Muttaqien, Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu pada hari Rabu (10/4/2024).

Acara sholat Ied di Refinery Unit VI dimulai dengan penyampaian laporan oleh Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) Refinery Unit VI Balongan, Endra Setiawan.

Dalam laporannya, Endra menyampaikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan Ramadan, termasuk takbir keliling di malam Idul Fitri 1445 Hijriah, berlangsung lancar di lingkungan Pertamina Refinery Unit VI.

Kegiatan tersebut meliputi tarawih, kultum, Festival Ramadhan, buka bersama di Masjid, iktikaf, dan sahur bersama.

Selama bulan Ramadan, sebanyak 4815 paket berisi makanan berbuka puasa telah disalurkan kepada masyarakat yang berbuka puasa setiap hari di Masjid Sabilul Muttaqien Pertamina Refinery Unit VI. Dana untuk kegiatan tersebut berasal dari 215 donatur dengan total dana sebesar Rp 120.245.000.

Endra juga menyampaikan bahwa Program Baituzzakah Pertamina (Bazma) berhasil mengumpulkan zakat fitrah berupa 691 Kg beras, zakat uang sebesar Rp 24.635.000, zakat maal sebesar Rp 152.655.950, fidyah sebesar Rp 8.210.000, dan infaq/shadaqoh sebesar Rp 6.024.050. Total penerimaan zakat mencapai Rp 191.525.000.

“Alhamdulillah, penyaluran zakat kepada mustahik di sekitar Kilang dan Perumahan Pertamina Bumi Patra telah diselesaikan hingga 9 April 2024,” ujar Endra.

Sementara itu, General Manager PT KPI Refinery Unit VI Balongan, Sugeng Firmanto, menyampaikan ucapan syukur atas kelancaran operasional Kilang Balongan yang mampu memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) masyarakat selama perayaan Lebaran.

Sugeng menegaskan bahwa Hari Raya Idul Fitri harus dijadikan sebagai momen untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan antar sesama.

“Kami menjamin pasokan BBM akan mencukupi selama libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan libur anak sekolah yang bertepatan dengan libur Idul Fitri di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat,” tegas Sugeng.

Sugeng juga mengajak masyarakat untuk terus mendoakan kelancaran, keamanan operasional, dan keselamatan para pekerja PT KPI Unit VI Balongan dalam setiap aktivitas.

Sholat Ied dihadiri oleh ratusan jamaah dari lingkungan Pertamina Refinery Unit VI dan masyarakat sekitar.

Acara tersebut dipimpin oleh Imam dan khatib, yaitu Al-Mukarram Ustad Dr. dr. H. Irman Permana, Sp.A (K), M.Kes., yang juga merupakan dosen di Fakultas Kedokteran Unswagati Cirebon.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini