Kamis, Mei 9, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaDaerahPasca Bentrok, Elemen Masyarakat Bitung Gelar Deklarasi Damai

Pasca Bentrok, Elemen Masyarakat Bitung Gelar Deklarasi Damai

spot_img

Sekbernews.id – BITUNG Sebuah langkah besar menuju perdamaian diambil oleh elemen masyarakat Kota Bitung, Sulawesi Utara, pasca-bentrokan yang terjadi antara organisasi masyarakat (ormas) dan massa pembela Palestina.

Deklarasi damai ini diinisiasi oleh perwakilan organisasi kemasyarakatan Minahasa dan keagamaan muslim, sebagai upaya untuk mengakhiri konflik dan menciptakan suasana kondusif di wilayah tersebut.

Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Setyo Budiyono, menyatakan apresiasinya atas inisiatif ini. Dalam keterangannya pada Selasa (28/11/2023), Irjen Setyo Budiyono menekankan pentingnya penyelesaian masalah melalui dialog dan kesepakatan bersama.

“Saya bersyukur bahwa saudara-saudara berkenan hadir ini merupakan kehormatan untuk saya sebagai Kapolda untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah terjadi kemudian kita melangkah ke depan untuk mengisi hari-hari baru, sehingga anak-anak kota sekolah dengan tenang, keluarga-keluarga kita bisa bekerja dengan tenang,” ujar Setyo.

Dalam deklarasi ini, terdapat komitmen kuat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang disimbolkan dengan tandatangan deklarasi damai.

Dokumen deklarasi tersebut mencakup beberapa poin penting, di antaranya adalah kesepakatan untuk mengakhiri setiap konflik yang terjadi secara damai, serta mendukung penegakan hukum yang transparan dan berkeadilan terhadap semua pelaku yang terlibat.

Selain itu, deklarasi ini juga menggarisbawahi penolakan terhadap segala bentuk provokasi, pergerakan massa dari luar kota Bitung, maupun penyebaran berita hoaks yang berkaitan dengan permasalahan di Kota Bitung melalui media sosial.

Langkah ini diharapkan dapat memperkuat upaya menjaga keamanan, ketentraman, dan ketertiban di masyarakat Kota Bitung.

Kapolda Sulut, Irjen Setyo Budiyono, berharap bahwa pembacaan dan pelaksanaan isi deklarasi ini dapat berjalan dengan baik.

“Semoga dengan pembacaan isi deklarasi ini dapat dilaksanakan dengan baik agar situasi Sulut khususnya Kota Bitung menjadi kondusif. Terima kasih karena semua perwakilan Kota Bitung sudah bersama-sama untuk berjalan ke depan untuk hal-hal yang baik dan positif,” ungkapnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Ucuphttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini