Kamis, Mei 9, 2024
28.3 C
Indramayu
BerandaInternasionalNegara di Kawasan Asia Pasifik dan Arab Komitmen Deklarasi Bali

Negara di Kawasan Asia Pasifik dan Arab Komitmen Deklarasi Bali

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Negara-negara Anggota International Labour Organization (ILO) yang berada di kawasan Asia-Pasifik dan kawasan Arab berkomitmen untuk menangani defisit pekerjaan yang layak di wilayah Asia dan Pasifik dan Negara-negara Arab, yang memiliki progres cukup bervariasi. Komitmen itu merupakan kelanjutan dari kesepakatan Deklarasi Bali.

Komitmen itu tertuang dalam penutupan Pertemuan Regional ILO Asia dan Pasifik atau Asia Pacific Regional Meeting (APRM) ke-17 di Singapura, pada Jumat 9/12.

“Para delegasi menyadari pentingnya Deklarasi Bali dan pentingnya melanjutkan komitmen ini, sambil mengatasi tantangan baru yang muncul untuk mencapai keadilan sosial dan pekerjaan yang layak untuk semua,” ujar Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, usai penutupan APRM ke-17, dalam keterangan tertulisnya.

Beberapa komitmen tersebut, menurut Ida, yakni mewujudkan prinsip dan hak dasar di tempat kerja, menghapus kerja paksa dan pekerja anak, mendorong perusahaan yang berkelanjutan, mengembangkan kebijakan untuk pekerjaan yang layak, membalikkan ketidaksetaraan melalui dialog sosial.

“APRM ke-17 juga sepakat berkomitmen membangun ketahanan dalam krisis melalui promosi ketenagakerjaan, menutup kesenjangan gender di dunia kerja, meningkatkan kebijakan migrasi tenaga kerja, memperluas perlindungan sosial, dan memperkuat institusi pasar tenaga kerja,” ungkapnya.

Dalam keterangan tertulisnya itu, Ida Fauziyah memuji tingginya komitmen yang diperlihatkan para delegasi untuk mempromosikan pekerjaan yang layak untuk pertumbuhan inklusif di kawasan ini.

Deklarasi itu sendiri berbunyi “Pemerintah, pengusaha dan pekerja di kawasan ini sepakat bahwa aksi untuk mempromosikan kerja layak mendorong pertumbuhan inklusif dan keadilan sosial, menstimulasi dinamika ekonomi dan inovasi serta mengarah pada pembangunan yang berkelanjutan”.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini