Kamis, Mei 9, 2024
29 C
Indramayu
BerandaDaerahKunjungi Kampung Adat Sijunjung, Bupati Nina Upayakan Replikasi Desa Wisata di Indramayu

Kunjungi Kampung Adat Sijunjung, Bupati Nina Upayakan Replikasi Desa Wisata di Indramayu

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Kegiatan menghadiri Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI di Padang, ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh Bupati Indramayu Nina Agustina.

Orang nomor satu di Indramayu itu memanfaatkan kunjungannya ke Sumatera Barat untuk kepentingan perkembangan pariwisata di Kota Mangga.

Untuk keperluan tersebut, Bupati Nina mengunjungi perkampungan adat di Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Untuk mengakses Sijunjung, Bupati Nina harus menempuh perjalanan selama empat jam dengan medan berkelok. Bupati Nina dan rombongan juga harus melewati tikungan yang viral, yakni Sitinjau Lauik.

Perkampungan adat Sijunjung merupakan satu dari 75 desa wisata yang berhasil lolos dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Perkampungan ini terletak diantara dua sungai yakni Batang Sukam dan Batang Kulampi. Ada hutan, perbukitan, sawah ladang. Sehingga lanskapnya unik.

Di Sijunjung ada 76 rumah adat gadang yang menjadi simbol kaum berbasis matrilineal yang sampai saat ini berfungsi dan tertata rapi dalam satu kawasan.

“Kunjungan ini untuk mempelajari bagaimana pemerintah setempat bisa memaksimalkan potensi wisatanya, siapa tahu langkah-langkahnya bisa direpilkasi,” ungkap Bupati Nina.

Bupati Nina berharap kunjungannya ke Sijunjung bisa diterapkan untuk kelestarian budaya di tengah-tengah masyarakat Indramayu.

Kunjungan Bupati Nina ke Sijunjung diterima langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. Bupati Benny merasa bangga orang nomor satu di Indramayu itu bisa berkunjung ke wilayahnya.

Bupati Benny juga berharap kunjungan tersebut bisa memberikan manfaat, seperti pertukaran informasi untuk peningkatan potensi daerah masing-masing.

“Ketika itu saya bertemu Ibu Bupati Indramayu, Nina Agustina saat kunker ke Belanda. Alhamdulillah, Kami senang Ibu Bupati Nina bisa hadir ke Kabupaten Sijunjung,” pungkas Benny.

Penulis : Toto

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini