Kamis, Mei 9, 2024
30 C
Indramayu
BerandaDaerahHampir Rp1 Triliun, Penerimaan Pajak Indramayu Lampaui Target

Hampir Rp1 Triliun, Penerimaan Pajak Indramayu Lampaui Target

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Penerimaan pajak di Kabupaten Indramayu pada tahun 2023 berhasil melampaui target yang telah ditetapkan.

Data resmi yang dirilis oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Indramayu menunjukkan bahwa penerimaan pajak pada tahun lalu mencapai angka sebesar Rp931,7 miliar.

Hal ini melebihi target yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp900 miliar atau mencapai 103,5% dari target awal, dengan pertumbuhan mencapai 8,74%.

Rincian penerimaan pajak ini, terdiri dari beberapa sektor utama. Pajak Penghasilan (PPh) non-migas berkontribusi sebesar Rp 647,4 miliar, PPN dan PPnBM sebesar Rp 190,96 miliar, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp 68,38 miliar, dan Pajak Lainnya sebesar Rp 24,98 miliar.

Menurut Kepala KPP Pratama Indramayu, Budi Gunawan, sektor yang dominan dalam kontribusi penerimaan pajak adalah Industri Pengolahan dengan persentase 40,37%, diikuti oleh Administrasi Pemerintahan sebesar 21,82%, Perdagangan sebesar 10,57%, Pertambangan dan Penggalian sebesar 9,92%, serta Konstruksi sebesar 3,70%.

“Pemerintah Kabupaten Indramayu berperan dalam 14,06% dari total kontribusi pajak melalui setoran pajak administrasi pemerintahan senilai sekitar 130,98 miliar,” ungkap Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Sekbernews.id, pada Rabu (3/1/2024).

Sementara itu, kontribusi masyarakat Indramayu terutama berasal dari setoran PPh Orang Pribadi sebesar 21,414 miliar dan PPh Pasal 21 senilai 273,66 miliar. Kontribusi ini diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan daerah melalui dana bagi hasil.

Pihak KPP sangat mengapresiasi komitmen dan langkah konkret yang telah dilakukan oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, dalam meningkatkan penerimaan pajak daerah.

Budi Gunawan menyatakan penghargaannya kepada Bupati atas sinergi yang terus dilakukan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan penerimaan pajak.

Bupati Indramayu,Nina Agustina, juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten terus mendukung program Pemerintah Pusat dalam meningkatkan penerimaan negara.

Kolaborasi yang terjalin diharapkan dapat mewujudkan target peningkatan pendapatan daerah, yang pada gilirannya akan mendukung pembangunan di Kabupaten Indramayu.

“Sikap tegas yang dilakukan oleh Pemkab Indramayu merupakan langkah nyata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang nantinya akan digunakan untuk berbagai program pembangunan di wilayah kita. Keberhasilan pembangunan akan berdampak positif bagi masyarakat Indramayu secara keseluruhan,” tegas Nina.

Dengan capaian penerimaan pajak yang menggembirakan ini, diharapkan kontribusi ini akan terus mendukung pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan bagi Kabupaten Indramayu.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini