Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaDaerahBupati Nina Agustina Dampingi Menteri PUPR Resmikan Jembatan Gantung Baleraja

Bupati Nina Agustina Dampingi Menteri PUPR Resmikan Jembatan Gantung Baleraja

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Senin (27/11/2023) menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Desa Baleraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, dan Desa Sidajaya, Kabupaten Subang, dengan diresmikannya Jembatan Gantung Baleraja.

Peresmian ini dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, didampingi Anggota Komisi V DPR RI, Dedi Wahidi, dan Bupati Indramayu, Nina Agustina.

Jembatan yang memiliki panjang 120 meter ini bukan sekadar infrastruktur, tetapi sebuah simbol kemajuan dalam meningkatkan mobilitas antara dua desa.

Sebelum adanya jembatan ini, masyarakat kedua desa mengandalkan rakit penyeberangan untuk melintasi Sungai Cipunegara, atau mengambil rute darat yang memakan waktu lebih lama.

Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono, dalam sambutannya menekankan pentingnya pemeliharaan jembatan ini oleh masyarakat.

“Jangan sampai ada yang merusak, masyarakat harus ikut membantu untuk memelihara jembatan ini karena Bupati dan Kepala Dinas terkait tidak bisa setiap hari mengunjungi jembatan ini, yang setiap hari adalah masyarakat yang menggunakannya,” ucap Basuki.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menteri PUPR RI atas realisasi pembangunan Jembatan Gantung Baleraja.

Nina menekankan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur.

“Sebagai bagian dari sistem transportasi, baik jembatan ataupun jalan tidak hanya mempunyai peranan penting dalam mendukung bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya serta lingkungan, tetapi juga merupakan unsur penting dalam pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Nina.

Lebih lanjut, Bupati Nina mengungkapkan rencana pembangunan tahun 2024 yang meliputi 7 usulan rekonstruksi ruas jalan dengan total anggaran 112 Miliar. Pada tahun 2023, telah diajukan pembangunan jalan tol Kertajati – Indramayu yang sudah memasuki tahap Pra FS oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, dan diharapkan dapat dilanjutkan pada tahun 2024.

Anggota Komisi V DPR RI, Dedi Wahidi, turut menekankan bahwa Jembatan Gantung Baleraja yang telah selesai dibangun diharapkan bisa digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Baleraja Kecamatan Gantar dan Desa Sidajaya Kabupaten Subang untuk aktivitas sehari-hari.

“Setelah diresmikan oleh Bapak Menteri dan resmi diserahkan kepada pemerintah daerah untuk merawatnya dan digunakan sebaik-baiknya bagi kepentingan masyarakat Kabupaten Indramayu khususnya Desa Baleraja dan masyarakat Kabupaten Subang,” ungkap Dedi.

Editor: KACIM

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini