Kamis, Mei 9, 2024
29 C
Indramayu
BerandaBisnisBitcoin Nyaris Sentuh Rp1 Miliar, Pakar Investasi Peringatkan Ini

Bitcoin Nyaris Sentuh Rp1 Miliar, Pakar Investasi Peringatkan Ini

spot_img

Sekbernews.id – Harga bitcoin telah melonjak di atas $60,000 atau sekitar Rp943.194.000 untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun.

Kenaikan ini memasuki fase reli kilat yang membuat mata uang kripto terbesar di dunia mendekati rekor tertingginya.

Pada hari Rabu (28/2/2024) kemarin, Bitcoin naik sebanyak 12,6 persen mencapai $63,968 sebelum kembali ke sekitar $60,000.

Reli ini telah membawa keuntungannya mencapai 42 persen dalam dua bulan pertama tahun ini.

Kenaikan yang cepat ini mengingatkan kembali akan pasar banteng kripto yang mendorong token ini ke puncak rekor hampir $69,000 pada November 2021, dengan investor berbondong-bondong masuk karena “fear of missing out” terhadap kenaikan harga lebih lanjut.

“Tidak masuk akal,” kata Timo Lehes, salah satu pendiri perusahaan blockchain Swarm, menambahkan bahwa ia mengharapkan lebih banyak uang akan mengalir ke token ini.

“Pada saat orang melihat peningkatan seperti ini dalam waktu singkat… maka hal itu hanya menarik orang dan FOMO menjadi kenyataan,” katanya.

Pada Januari, regulator AS menyetujui peluncuran dana terperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin oleh manajer aset utama termasuk BlackRock dan Invesco, membuka jalan bagi aliran uang baru dari investor yang ingin berspekulasi pada cryptocurrency melalui kendaraan yang diatur.

Saat ini, 11 dana tersebut memiliki 303,000 bitcoin, menurut K33 Research, senilai $18 miliar dan setara dengan sekitar 1,5 persen dari total pasokan bitcoin.

“Kita bisa melihat rekor tertinggi dipecahkan kapan saja sekarang,” kata Simon Peters, seorang analis di firma perdagangan eToro.

Kenaikan harga bitcoin terjadi di tengah reli lebih luas di pasar keuangan tradisional. Hasil gemilang produsen chip Nvidia telah memicu kegilaan investor atas potensi teknologi kecerdasan buatan, membantu mendorong saham AS dan Eropa ke rekor tertinggi dalam seminggu terakhir.

Platform perdagangan kripto Coinbase menyalahkan lalu lintas yang 10 kali lipat dari biasanya atas gangguan beberapa pengguna, termasuk tampilan saldo nol di akun mereka.

“Kami menghargai kesabaran Anda,” kata Coinbase.

Coinbase mulai melihat perbaikan dalam perdagangan pelanggan. Karena lalu lintas meningkat, beberapa pelanggan Coinbase mungkin masih melihat kesalahan dalam login, pengiriman, penerimaan, dan dengan beberapa metode pembayaran.

“Bersiaplah, dana Anda aman,” lanjut mereka.

Harga bitcoin melonjak meskipun upaya pengaturan yang dilakukan oleh regulator AS terhadap perusahaan kripto terbesar dan keraguan berlanjut terhadap token ini.

Pekan lalu, pejabat Bank Sentral Eropa mencela cryptocurrency tersebut, menyatakan bahwa “nilai wajar bitcoin masih nol.”

“Bagi masyarakat, siklus kenaikan dan penurunan kembali bitcoin adalah pandangan yang mengerikan. Dan kerugian bersih akan sangat besar,” tulis mereka, menambahkan bahwa harga token ini “bukanlah indikator dari keberlanjutan”.

Industri kripto telah mendapat dorongan dari keyakinan bahwa sekarang melangkah lebih jauh dari skandal-skandal tahun-tahun sebelumnya.

Komisi Sekuritas dan Bursa mengenakan denda sebesar $4.3 miliar pada November kepada Binance, bursa kripto terbesar di dunia, karena kejahatan termasuk kegagalan melindungi dari pencucian uang dan melanggar sanksi internasional.

Rival Binance, FTX, runtuh pada tahun 2022 dan pendirinya, Sam Bankman-Fried, dinyatakan bersalah atas tujuh tuduhan penipuan dan pencucian uang.

Pekan ini, tim hukumnya berargumentasi agar mantan tajir kripto itu hanya dijatuhi hukuman beberapa tahun penjara, bukan hukuman 100 tahun yang bisa dihadapinya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Saputrahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini