Senin, Mei 13, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaBisnisSeriusi Pemberdayaan Mangga, Pertamina Balongan Terima Penghargaan di Vietnam

Seriusi Pemberdayaan Mangga, Pertamina Balongan Terima Penghargaan di Vietnam

Sekbernews.id – INDRAMAYU Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali meraih penghargaan bergengsi di level internasional melalui Program Mangoes Center.

Program ini merupakan sebuah inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah berulang kali memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Penghargaan terbaru ini diterima dalam acara Annual Global CSR & ESG Summit & Awards 2024.

Penghargaan yang disematkan pada Kilang Pertamina Balongan adalah Best Community Programme Award kategori GOLD dalam ajang bergengsi tersebut. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas keseriusan Kilang Pertamina Balongan dalam menjalankan program-program keberlanjutan yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat sekitar.

Area Manager Communication, Relation, and CSR PT KPI RU VI Balongan, Mohamad Zulkifli, secara langsung menerima penghargaan ini pada acara yang berlangsung di Novotel Hanoi, Thai Ha, Vietnam, pada Kamis (25/4) lalu.

Zulkifli menyatakan rasa bangganya atas penghargaan ini, yang menjadi bukti nyata komitmen Kilang Pertamina Balongan dalam menjalankan tugas utamanya memproduksi BBM nasional, sambil tetap memperhatikan pelestarian lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Salah satu program unggulan yang mendapat penghargaan adalah Program Biodiversity Park and Mangoes Center Development. Melalui program ini, Kilang Pertamina Balongan berhasil membudidayakan mangga Agrimania, varietas baru asli Indramayu, di lahan kosong perumahan Pertamina Bumi Patra.

Hasil panen mangga tersebut tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan, tetapi juga turut meningkatkan perekonomian kelompok tani binaan.

Dalam periode panen September 2023 – Januari 2024, total panen Mangga Agrimania mencapai 6 ton dengan pendapatan kelompok mencapai 278 Juta Rupiah. Keberhasilan ini menjadi dorongan bagi Kilang Pertamina Balongan untuk terus mengembangkan program-program CSR yang berkelanjutan.

Selain itu, program Mangoes Center RU VI Balongan juga telah melanjutkan pengembangan dengan membangun Arboretum Mangga yang terdiri dari 17 Varietas Mangga. Selain itu, mereka juga melakukan replikasi kebun mangga Agrimania sebanyak 250 pohon di Desa Rawadalem, Kecamatan Balongan.

Upaya Kilang Pertamina Balongan dalam mengembangkan Mangoes Center ini sejalan dengan komitmen mereka dalam melestarikan dan melindungi ekosistem darat, sesuai dengan Sustainable Development Goals no 15, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Ini merupakan langkah nyata perusahaan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini