Kamis, Mei 9, 2024
29 C
Indramayu
BerandaDaerahBelasan Unit Mobil Milik Pemkab Indramayu Terjual

Belasan Unit Mobil Milik Pemkab Indramayu Terjual

spot_img

sekbernews.id – INDRAMAYU Belasan kendaraan roda empat milik Pemerintah kabupaten (Pemkab) Indramayu berhasil terjual. Melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu belasan kendaraan itu sebelumnya diikutkan lelang.

Lelang yang dilakukan lewat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Cirebon dengan Nomor: S-1034/KNL.0806/2023 di situs lelang.go.id tersebut dilakukan secara close bidding sejak 12 April 2023 kemarin.

Sesuai jadwal yang ditentukan, pada Senin (17/4/2023) kemarin telah dilaksanakan lelang belasan kendaraan tersebut. Dan pemenang lelangnya sudah didapatkan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Woni Dwinanto, S.E. M.E., melalui Kepala Bidang Barang Milik Daerah (BMD), Maulana Malik, S.E., menjelaskan pemenang lelang itu diambil penawar yang tertinggi.

“Dari penawaran kami sebesar Rp208.970.000 didapatkan penawar tertinggi dengan nilai Rp225.000.000. Itu yang menang,” jelas Maulana Malik, Selasa (18/4/2023).

Kabid Malik menjelaskan keseluruhan uang hasil lelang itu akan masuk ke kas daerah sebagai pendapatan. Namun sebelumnya dilakukan pengurangan senilai 2% untuk biaya lelang di KPKNL.

Ia juga menjelaskan penjualan lewat lelang ini memang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD).

Ketika kendaraan dinas sudah mencapai batas maksimum usia, jelasnya, maka untuk menghapusnya dari Kartu Inventaris Barang (KIB) dimulai dengan penjualan.

“Tidak bisa lewat penjualan langsung, harus lewat lelang,” ungkap Malik.

Malik juga menjelaskan proses inventarisir kendaraan tersebut sesuai dengan program La-Da alias Lacak Aset Daerah yang dijalankan oleh Bupati Indramayu Nina Agustina.

“Dari hasil inventarisir itu, bisa didapatkan mana kendaraan yang masih layak operasi, dan mana yang harus dilelang,” pungkas Malik.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini