Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaDaerahWaspada Dampak El Nino, Pertamina Balongan Gelar Kegiatan Ini

Waspada Dampak El Nino, Pertamina Balongan Gelar Kegiatan Ini

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Hingga saat ini, dampak dari fenomena El Nino masih terus dirasakan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Indramayu yang menjadi lokasi Kilang Pertamina Balongan.

Beberapa dampak yang masih berlangsung meliputi berkurangnya curah hujan yang mengakibatkan kekeringan, gelombang panas ekstrim, dan kebakaran lahan yang mengering.

Untuk mengantisipasi dampak yang masih berlanjut akibat El Nino, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menggelar serangkaian kegiatan dengan tema “KPI Aware El Nino Alert” pada Jumat (10/11/2023).

Kegiatan dimulai dengan Kampanye Hemat Air di Pos 1 Perumahan Pertamina Bumi Patra, dimulai pukul 06:00 WIB.

Sehubungan dengan kampanye hemat air ini, Pertamina RU VI Balongan juga telah menerapkan pembatasan penggunaan air di wilayah Perumahan Bumi Patra. Distribusi air dimatikan pada pukul 09:00 – 11:30 WIB dan pukul 20:00 WIB – 04:00 WIB.

Kampanye ini sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama pada SDGs ke-6 tentang Air Bersih dan Sanitasi, SDGs ke-11 tentang Kota dan Pemukiman Berkelanjutan, dan SDGs ke-13 tentang Perubahan Iklim.

Agenda El Nino Alert dilanjutkan dengan pelaksanaan Grand Safety Talk di Lapangan Bumi Patra, diikuti oleh para pekerja di Lingkungan Pertamina RU VI Balongan setelah peringatan Upacara Hari Pahlawan.

Pada kesempatan tersebut, Pjs. General Manager PT KPI RU VI Balongan, Iwan Kurniawan, menyampaikan bahwa dampak El Nino yang berlangsung selama beberapa bulan telah dirasakan secara signifikan. Selain menyebabkan kekeringan dan kebakaran lahan, El Nino juga berdampak pada kualitas kesehatan.

“Dampak ini membutuhkan tindakan antisipatif, seperti menghentikan pembakaran sampah dan meningkatkan penghematan air,” ungkap Iwan.

Dalam rangkaian El Nino Alert di RU VI, juga diadakan lomba Water Relay yang bertujuan menguji ketangkasan dan kekompakan para pekerja dan mitra kerja RU VI serta undangan eksternal dalam menyediakan suplai air saat kondisi darurat.

Beberapa pihak eksternal yang terlibat dalam kompetisi ini antara lain dari Polytama Propindo, Integratetd Terminal Balongan (ITB), OGT Balongan, Warga Desa Majakerta, Sukareja, Sukaurip, dan Balongan.

Area Manager Communication, Relation, and CSR PT KPI RU VI Balongan, Zulkifli, menyebutkan bahwa keterlibatan pihak eksternal dalam acara ini merupakan bentuk silaturahmi yang baik dengan masyarakat dan stakeholder, yang telah terjalin harmonis selama ini.

“Semoga event ini tidak hanya memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak El Nino, tetapi juga memperkuat hubungan baik antara Pertamina, masyarakat, dan stakeholder,” pungkas Zulkifli.

RU VI telah melakukan mitigasi sejak September 2023 untuk mencegah dampak El Nino terhadap kilang. Langkah-langkah tersebut melibatkan pembentukan Man Power Tim Keadaan Darurat berjumlah 74 orang, patroli oleh tim Emergency and Insurance serta Security setiap 2 jam sekali, dan pemberian bantuan air bersih kepada masyarakat.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini