Jumat, Mei 10, 2024
28 C
Indramayu
BerandaNasionalWamenaker Afriansyah Buka Kompetisi KIN ke VIII

Wamenaker Afriansyah Buka Kompetisi KIN ke VIII

spot_img

sekbernews.id – SUMBAR  Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), Afriansyah Noor membuka Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII, di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang, Sumatera Barat, Minggu 2 Oktober 2022.

Wamenaker, Afriansyah Noor mengatakan, semangat kompetisi menjadikan suatu tantangan bagi instruktur dalam mengembangkan kompetensinya.

“Kompetisi harus relevan dengan cita-cita instruktur, namun tetap memberikan tantangan dalam mengejarnya,” katanya.

Ia menyebut, nilai yang utama dari suatu kompetisi adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan keahlian dengan menumbuhkan rasa penasaran.

“Tanpa adanya rasa penasaran terhadap suatu hal, keahlian yang dimiliki para instruktur akan cenderung berada pada level yang sama, tak peduli berapa lama dia telah bekerja,” ujar Wamenaker.

Wamenaker, Afriansyah Noor (kedua dari kiri), Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi (tengah)

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi menuturkan, instruktur menjadi garda terdepan penyelenggaraan suatu pelatihan.

BACA JUGA : Kemnaker Dukung Kerja Sama ARCO dengan 50 P3MI

Menurutnya, instruktur sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya harus dilaksanakan secara profesional.

“Instruktur menjadi modalitas untuk menciptakan dan menumbuhkan calon tenaga kerja yang kompeten sesuai permintaan pasar kerja,” ucapnya.

Sedangkan, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan, KKIN ini dimaksudkan untuk mengetahui peta kompetensi dari para instruktur agar nantinya menjadi acuan dalam menyusun program pembinaan instruktur yang akan datang.

“Dengan adanya kompetisi ini, dapat merangsang instruktur untuk bersaing serta memacu semangat dalam berinovasi dan menguasi segala kompetensinya sehingga akan tercipta instruktur yang handal,” ungkap Mahyeldi.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini