Kamis, Mei 9, 2024
28.3 C
Indramayu
BerandaPendidikanTanggal 9 Desember Hari Apa? Ada Hari Anti Korupsi Sedunia dan Hari...

Tanggal 9 Desember Hari Apa? Ada Hari Anti Korupsi Sedunia dan Hari Anti Genosida Internasional

spot_img

Sekbernews.id – Tanggal 9 Desember 2023 jatuh pada hari Sabtu. Pada tanggal ini, setiap tahunnya diperingati sebagai hari Anti Korupsi Sedunia.

Selain itu ada juga peringatan lainnya, yakni Hari Pencegahan Genosida Internasional yang diperingati untuk mencegah genosida.

Hari Antikorupsi Sedunia

Deklarasi Hari Antikorupsi Sedunia oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2003 menjadi tonggak penting.

Tanggal 9 Desember dipilih sebagai peringatan tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya korupsi dan mendorong peran aktif masyarakat dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi.

“Hari ini merupakan pengingat bagi kita semua untuk berbicara dan bertindak melawan korupsi di segala bidang,” ujar juru bicara PBB.

Pada peringatan tahun 2022, PBB menekankan hubungan antara antikorupsi dengan perdamaian, keamanan, dan pembangunan.

“Penanggulangan korupsi adalah hak dan tanggung jawab setiap orang,” kata perwakilan PBB.

Ditekankan bahwa kolaborasi antara negara, pejabat pemerintah, pegawai negeri, aparat penegak hukum, media massa, sektor swasta, masyarakat sipil, dan akademisi sangat penting dalam upaya ini.

Hari Pencegahan Genosida Internasional

Bersamaan dengan Hari Antikorupsi Sedunia, dunia juga memperingati Hari Pencegahan Genosida Internasional.

Ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada 29 September 2015, hari ini bertujuan untuk menyebarkan kesadaran mengenai Konvensi Genosida dan perannya dalam mencegah kejahatan genosida.

Tanggal 9 Desember dipilih mengingat pada tanggal tersebut di tahun 1948, konvensi tentang pencegahan dan penghukuman kejahatan genosida diadopsi oleh PBB.

“Genosida adalah kejahatan kemanusiaan yang mengerikan dan harus dicegah dengan segala cara,” ucap seorang ahli sejarah.

Genosida merujuk pada tindakan kekerasan yang bertujuan memusnahkan kelompok ras, etnis, atau agama tertentu, dengan sejarah paling kelam pada masa Holocaust oleh Nazi terhadap orang Yahudi Eropa selama Perang Dunia II.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Rizki Adi Natahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita hiburan, olahraga, serta kesehatan.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini