Kamis, Mei 9, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaDaerahPresiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minahasa Utara

Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minahasa Utara

spot_img

Sekbernews.id – MINAHASA UTARA Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, pada Kamis (19/1). Bendungan ini bermanfaat untuk mengurangi banjir di Kota Manado serta sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH).

Dalam peresmian tersebut, Presiden juga didampingi oleh menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Anggota Komisi V DPR RI Djenri Alting Keintjem, serta Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda.

Menurut Menteri Basuki, Bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016 dengan menelan anggara Rp1,9 triliun. Dengan kapasitas 26 juta m3 dengan luas genangan 157 hektar, bendungan ini dimanfaatkan untuk mengurangi banjir yang kerap menggenangi Kota Manado.

Selain itu, bendungan ini juga dipergunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 2×0,70 Megawat, wilayah pengembangan pariwisata, serta penyedia air baku Kota Manado, Minahasa Utara, Kota Bitung, dan Kawasan ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebesar 4.500 liter/detik.

“Bendungan ini bisa menjadi kawasan wisata baru, selain Likupang dan Bunaken. Di Bendungan ini ada Kawasan Wisata Waruga sebagai wisata budaya untuk mengenal para leluhur di Sulawesi Utara. Bisa juga untuk wisata air, karena airnya bening terkoneksi dengan Sungai dan Danau Tondano,” kata Menteri Basuki.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini