Kamis, Mei 9, 2024
28.3 C
Indramayu
BerandaDaerahPertamina RU VI Raih Indonesia Green Awards 2024

Pertamina RU VI Raih Indonesia Green Awards 2024

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit VI Balongan meraih penghargaan bergengsi dalam bidang lingkungan hidup, yaitu Indonesia Green Awards 2024.

Penghargaan ini diterima atas keberhasilan dalam kategori “Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu” melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menghasilkan inovasi menarik, yaitu Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Plakat Menggunakan Kompor Minyak Jelantah.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan, Mohamad Zulkifli, menerima penghargaan ini pada acara Penganugerahan Indonesia Green Award 2024 yang diselenggarakan di Bali Room – Hotel Indonesia Kempinski Jakarta oleh La Tofi School of Social Responsibility.

Menurut Zulkifli, penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen, konsistensi, dan keberlanjutan PT KPI RU VI dalam memberdayakan masyarakat di sekitar Kilang RU VI Balongan.

“Inovasi dalam pengolahan sampah plastik menjadi produk bernilai ekonomi sejalan dengan semangat RU VI Balongan untuk senantiasa menciptakan terobosan baru,” ungkap Zulkifli.

Program Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Plakat Menggunakan Kompor Minyak Jelantah merupakan hasil pengembangan dan inovasi dari Bank Sampah Wiralodra sejak 2019.

Konsep Zero Waste yang diusung tidak hanya mengubah sampah plastik menjadi plakat sebagai produk utama, tetapi juga mengolahnya menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomi, seperti kotak tisu, medali, dan jam dinding.

Tak hanya itu, Bank Sampah Wiralodra juga berhasil mengelola sampah anorganik sebanyak 300 kg per bulan yang diubah menjadi pakan maggot. Program ini memberikan dampak positif dengan mengurangi timbunan sampah dan meningkatkan pendapatan anggotanya.

“Tentunya penghargaan ini menjadi penyemangat dan motivasi untuk terus konsisten melaksanakan edukasi serta menjalankan program-program lingkungan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang bermanfaat bagi masyarakat, perusahaan, dan lingkungan,” tambah Zulkifli.

Pada acara yang sama, PT Pertamina (Persero) selaku holding juga meraih penghargaan sebagai The Guardian, berhasil menyertakan lebih dari 70 program dalam berbagai kategori.

Selain itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mendapatkan penghargaan sebagai EcoStar atas kecemerlangannya memimpin Pertamina sehingga perusahaan tersebut menjadi yang paling peduli terhadap lingkungan.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini