Kamis, Mei 9, 2024
28.3 C
Indramayu
BerandaNasionalPanglima TNI Agus Subiyanto Mutasi 183 Perwira Tinggi TNI

Panglima TNI Agus Subiyanto Mutasi 183 Perwira Tinggi TNI

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, mengambil langkah besar dengan mutasi, rotasi, dan pemberian promosi kepada 183 perwira tinggi guna mengisi posisi strategis dalam struktur organisasi militer.

Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 yang diteken oleh Agus Subiyanto pada Senin (18/12) di Jakarta menjadi dasar kebijakan tersebut, seperti yang dijelaskan oleh Pusat Penerangan TNI pada Selasa (19/12/2023).

Langkah ini mencakup serangkaian perubahan signifikan dalam posisi jabatan, di mana Laksamana Muda TNI Julius Widjojono, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala pusat penerangan TNI, dipindahkan menjadi staf khusus kepala staf TNI Angkatan Laut (kasal).

Sementara itu, posisi kepala pusat penerangan TNI diisi oleh Brigjen TNI R. Nugraha Gumilar, yang sebelumnya menjabat sebagai perwira staf ahli kepala staf TNI Angkatan Darat (kasad).

Selain itu, ada pergeseran dalam beberapa posisi pangdam. Mayjen TNI Widi Prasetijono, yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro, naik pangkat sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Dankodiklatad).

Penggantinya, Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabadiklat) Kementerian Pertahanan RI, kini menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro.

Perubahan lainnya terjadi pada beberapa perwira tinggi bintang tiga. Panglima TNI memutasi Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto ke Markas Besar TNI AU sebagai persiapan pensiunnya, sementara Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah beralih ke posisi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI.

Namun, ada beberapa posisi yang masih menunggu keputusan resmi dari presiden sebelum diisi oleh pejabat baru, seperti posisi yang akan diisi oleh Letjen TNI Eko Margiyono dan Maman.

Tidak hanya itu, dalam SK tersebut, Panglima TNI juga melakukan rotasi terhadap sejumlah perwira tinggi di lingkungan Badan Intelijen Negara (BIN). Beberapa di antaranya, Brigjen TNI Sunaryo yang sebelumnya menjabat Direktur Amerika dan Eropa BIN, kini menduduki posisi sebagai Agen Intelijen Ahli Madya Direktorat Asia Pasifik BIN.

Adapun perubahan lainnya termasuk rotasi Brigjen TNI Andrianus Suryo Agung N dan Brigjen TNI Leo Rajendra Ratna Begum ke posisi yang lebih sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Basnursyahhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini