Kamis, Mei 9, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaNasionalOptimalkan SPBE, Sumedang Berhasil Turunkan Stunting Hingga 8,27 Persen

Optimalkan SPBE, Sumedang Berhasil Turunkan Stunting Hingga 8,27 Persen

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Keberhasilan dalam mencegah dan menurunkan stunting harus dilakukan oleh berbagai pihak. Hal inilah yang terlihat dalam keberhasilan Kabupaten Sumedang dalam menurunkan angka stunting.

Kabupaten Sumedang dibawah komando Bupati Dony Ahmad Munir berhasil menurunkan angka stunting hingga 8,27 persen. Padahal sebelumnya kabupaten yang terletak di Jawa Barat ini memiliki jumlah penderita stunting sebesar 32,27 persen.

Dony akhirnya memaksimalkan penggunaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Optimalisasi SPBE ini dibantu oleh BUMN bidang telekomunikasi, yakni Telkomsel. Lewat bantuannya SPBE diintensifkan.

Berbagai pemangku kebijakan mulai dari kader Posyandu memiliki akses untuk mengunggah data anak. Sehingga seluruh pihak yang berkepentingan bisa melihat potensi stunting yang ada di Kabupaten Karawang secara real time.

Prestasi Kabupaten Karawang ini terungkap dalam rilsi media setelah rapat terbatas yang digelar oleh Kementerian Kesehatan, pada Senin (2/1) di Kantor Presiden, Jakarta.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menjelaskan pemanfaatan SPBE ini terbukti bisa mempercepat penanganan stunting di daerah. Sebab semua data terintegrasi mulai dari Posyandu, Puskesmas, Dinas Kesehatan, hingga ke Bappeda.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini