Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaAgamaMengenal Tiga Fase Keutamaan Ramadhan, Apa Saja?

Mengenal Tiga Fase Keutamaan Ramadhan, Apa Saja?

spot_img

Sekbernews.id – Bulan Ramadhan, yang diakui sebagai bulan suci bagi umat Islam, telah memasuki fase awalnya. Dalam 10 hari pertama Ramadhan, umat Islam menghadapi fase yang penuh tantangan, namun penuh berkah, yang dikenal sebagai fase rahmat.

Fase rahmat, sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi dan Ibn Khuzaimah, merupakan awalnya bulan Ramadhan yang dipenuhi dengan rahmat.

Umat Islam diwajibkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan kebaikan, menghadapi perubahan kebiasaan dari makan dan minum sesuka hati menjadi menahan diri.

Mengutip NU Online, pada Selasa (12/3/2024), meski dianggap sebagai fase paling berat, fase rahmat membuka pintu rahmat Allah yang seluas-luasnya bagi umat Islam yang sabar dan ikhlas dalam menjalani puasa serta melaksanakan amal kebaikan.

Dalam Surat Al-Zalzalah ayat 7-8, Allah menegaskan bahwa setiap kebaikan sekecil apapun akan mendapatkan balasannya, sementara setiap kejahatan juga akan mendapatkan akibatnya.

Fase kedua bulan Ramadan, yang disebut sebagai fase maghfiroh atau ampunan, mengajak umat Islam untuk memfokuskan diri pada memohon ampunan Allah. Rasulullah saw. menyampaikan bahwa 10 hari kedua Ramadan adalah waktu yang kaya akan ampunan, dan umat Islam dianjurkan untuk mengejar ampunan Allah Swt.

Ampunan ini diberikan sebagai bentuk kasih sayang Allah Swt. untuk keselamatan orang-orang yang berpuasa, sesuai dengan surat Ali Imran ayat 133.

Pada fase ketiga, atau 10 hari terakhir Ramadan, umat Islam diarahkan untuk bersiap-siap memasuki fase pembebasan dari api neraka. Fase ini menjadi waktu yang paling tepat untuk berlomba-lomba dalam melakukan ibadah, seiring dengan diyakini sebagai momen turunnya Lailatul Qadar. Lailatul Qadar, malam yang memiliki kemuliaan luar biasa, diyakini lebih baik dari seribu bulan.

Dengan memahami dan menjalani tiga fase penting ini, umat Islam diharapkan dapat memanfaatkan sepenuhnya keberkahan dan keutamaan yang disajikan oleh bulan Ramadhan. Semoga 10 hari pertama Ramadhan membawa berkah dan keberkahan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini