Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaDuniaLegenda Finansial Global Jacob Rothschild Meninggal Dunia

Legenda Finansial Global Jacob Rothschild Meninggal Dunia

spot_img

Sekbernews.id – LONDON Lord Jacob Rothschild, seorang keturunan dari keluarga Rothschild, pendiri bank Yahudi yang paling berpengaruh dan dihormati di dunia, telah meninggal dunia pada usia 87 tahun. Kabar ini diumumkan oleh keluarganya pada hari Senin, (26/2/2024).

Menurut laporan dari The Guardian, Jacob memulai karirnya di bank keluarga NM Rothschild & Sons sebelum kemudian keluar pada tahun 1980 untuk membantu mendirikan beberapa perusahaan termasuk J Rothschild Assurance Group, yang sekarang dikenal sebagai St James’s Place, bersama Sir Mark Weinberg.

Lord Rothschild memiliki berbagai peran senior di London, termasuk sebagai wakil ketua BSkyB antara tahun 2003 dan 2008. Beliau juga menjabat sebagai ketua RIT Capital Partners, sebuah lembaga investasi terbesar yang terdaftar di Bursa Efek London, dari tahun 1988 hingga 2019.

Selain itu, ia juga aktif dalam bidang seni dan filantropi, termasuk sebagai ketua pengawas Galeri Nasional antara tahun 1985 dan 1991 serta ketua National Heritage Memorial Fund antara tahun 1992 dan 1998, yang bertanggung jawab atas distribusi hibah sebesar £1,2 miliar (Rp 23,81 triliun) untuk warisan budaya.

Pada hari Senin, berbagai pihak dari dunia bisnis dan politik memberikan penghormatan terakhir kepada Lord Rothschild. St James’s Place menyatakan kesedihannya atas kepergian Jacob.

“Sebagai seorang investor yang sukses dan salah satu pendiri St James’s Place, Lord Rothschild meninggalkan warisan yang luar biasa dalam membentuk profesi penasihat keuangan di Inggris,” ujar perusahaan finansial tersebut yang terdaftar di bursa London dan mengelola hingga £153 miliar.

Mantan Menteri Keuangan Inggris George Osborne, yang kini menjabat sebagai ketua pengawas di British Museum, memberikan penghormatan dalam sebuah postingan di X.

Osborne mengungkapkan, Rothschild menggunakan hak istimewa yang dimilikinya sejak lahir untuk memberikan kontribusi besar terhadap kehidupan budaya dan komersial Inggris.

“Kontribusinya pada galeri Waddesdon menjadikannya salah satu permata British Museum. Cerdas, penuh rasa ingin tahu, penuh dengan proyek baru dan humor. Dia akan dirindukan,” tambahnya.

Ed Vaizey, seorang rekan yang menjabat sebagai menteri kebudayaan antara tahun 2010 dan 2016, memuji Rothschild sebagai “salah satu filantropis budaya terbesar Inggris yang melakukan banyak hal untuk mendukung seni di negara ini”.

Dididik di Eton dan di Christ Church, Oxford, Rothschild dianggap sebagai salah satu otak paling tajam di Kota pada tahun 1980an dan terlibat dalam sejumlah kesepakatan penting, termasuk tawaran £13 miliar yang gagal untuk British American Tobacco pada tahun 1989 dengan sesama taipan bisnis Sir James Goldsmith dan Kerry Packer.

Rothschild menikah selama lebih dari lima dekade dengan Serena, yang meninggal pada tahun 2019, dan meninggalkan tiga putri dan seorang putra serta sejumlah cucu.

Dalam pernyataannya di X, Rothschild Foundation menulis: “Dia akan sangat dirindukan oleh keluarganya, rekan-rekannya, dan banyak temannya.”.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Saputrahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini