Kamis, Mei 9, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaNasionalKomisi IX DPR RI Berikan Apresiasi Kinerja BP2MI

Komisi IX DPR RI Berikan Apresiasi Kinerja BP2MI

spot_img

sekbernews.id – JAKARTA  Kepala BP2MI, Benny Ramdhani melaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP), antara Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Selasa, 23 Agustus 2022 berlangsung sukses. Agenda bahasannya terkait review anggaran tahun 2021.

Benny Ramdhani, mengatakan  total Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang diterima BP2MI sepanjang 2021 adalah Rp. 316.986.895.000. Seluruh anggaran yang digunakan terserap sesuai peruntukan. Sasaran kegiatan, capaian, dan apa yang dilakukan juga saya paparkan secara rinci.

Penggunaan anggaran tahun 2021 kita sampaikan secara transparan dan akuntabel. Ini merupakan pertanggungjawaban publik. Kami mengakui masih banyak hal yang belum dapat dilakukan. Tentu, itu semua berkaitan erat dengan anggaran yang diberikan ke BP2MI. Yang sebetulnya, masih jauh dari ekspektasi, ujar Benny.

RDP yang dipimpin Felly Runtuwene, selaku Ketua Komisi IX DPR RI ini berjalan dinamis. BP2MI mendapatkan apresiasi, juga masukan dari sejumlah DPR RI.

Benny menjelaskan soal sekelimut promblem serius yang melilit Pekerja Migran Indonesia (PMI). Butuh komitmen dan kerja kolektif.

BACA JUGA : BP2MI : Dubes Indonesia Untuk Kuwait Komitmen Mendorong PMI

Kalau mau jujur negara kita sedang dikepung sindikat penempatan ilegal PMI. Dan mereka mau mengendalikan negara. Kan sangat tidak mungkin, kita kalah sama sindikat. Realitasnya memprihatinkan, mereka punya beckingan. Ini mainan bandar-bandar besar. Mereka memiliki backing dari orang-orang kuat. Saya menyadari, bahwa persoalan yang ada bukan hanya tugas dan beban BP2MI, papar Benny.

Kunci yang tepat untuk meminimalisir dan melawan sindikat ialah dengan memassifkan sosialisasi. Melahirkan program pro PMI, program memerdekakan PMI dari penjarahan rentenir. Saya meminta DPR agar tidak membiarkan BP2MI bekerja sendiri. Untuk diketahui, realisasi belanja sebesar Rp. 312.785.856.669, atau mencapai 98,67%, imbuhnya

Setelah menyampaikan materi RDP, para wakil rakyat di Gedung Senayan menyampaikan apresiasi dan pertanyaan. Respon positif juga disampaikan Felly Runtuwene yang juga politisi Partai NasDem. Menurutnya, DPR wajib mendukung BP2MI untuk penambahan anggaran.

Komisi IX DPR RI memberikan apresiasi atas kinerja-kinerja BP2MI sehingga mendapatkan predikat WTP tahun ini. Komisi IX DPR RI, bahkan DPR RI layak mendukung BP2MI untuk mendapatkan penambahan anggaran pada tahun 2023. Mengingat tugas BP2MI yang sangat besar dalam menghadapi permasalahan yang kompleks demi nasib PMI tidaklah mudah.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini