Kamis, Mei 9, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaPemerintahanKeren, Kuwu Desa Cangkingan Jadi Narasumber T20

Keren, Kuwu Desa Cangkingan Jadi Narasumber T20

spot_img

sekbernews.id – INDRAMAYU  Hebat dan Jawara itulah yang pantas disematkan kepada Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu. Pasalnya, Kuwu Desa Cangkingan menjadi satu-satunya kepala desa di Indonesia yang diberikan kesempatan untuk menjadi narasumber di forum Think20 (T20) untuk menuju Group of Twenty (G20).

Bertempat di Hotel Grand Preanger Bandung, Kuwu Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder Didi Wahyudi memaparkan pemanfaatan secara ekonomi keberadaan Desa Digital Cangkingan sebagai desa pertama yang telah melakukan transformasi digital berbasis teknologi dan informasi, Rabu 27 Juli 2022..

Didi Wahyudi menjelaskan, T20 merupakan forum bersama sebagai tempat untuk memberikan bahan dan rekomendasi pada pelaksanaan G20 mendatang. Pada kegiatan tersebut, Desa Cangkingan merupakan satu-satunya kuwu yang diundang dan diberikan kesempatan untuk memberikan pemaparan tentang manfaat ekonomi dari pelaksanaan Desa Digital, papar Didi.

BACA JUGA : Kukuhkan 31 Bunda Paud Kecamatan dan 317 Bunda Paud Desa, Bupati Indramayu Katakan Ini

Didi mengatakan, setelah melaksanakan Desa Digital / Lebu Digital secara ekonomi banyak perubahan yang terjadi di Desa Cangkingan. Melalui website cangkingan.desa.id Pemdes Cangkingan menjadikan sebagai marketplace para pelaku UMKM di desanya, katanya.

”Pelaku UMKM difasilitasi untuk berjualan secara online dan diberikan pelatihan digital marketing, hasilnya produk UMKM Desa Cangkingan sudah tersebar di mana-mana. Penjual merasakan peningkatan omzet dagangannya dan meningkatkan pula pendapatan keluarganya.”

Lanjut Didi, dengan berjualan secara online sapi-sapi dari sentra peternakan Desa Cangkingan juga telah terjual habis pada saat jelang Idul Adha lalu. Laris manisnya ternak dari Desa Cangkingan ini akhirnya banyak masyarakat yang mencoba alih profesi jadi peternak karena sangat menguntungkan, pungkasnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini