Kamis, Mei 9, 2024
29 C
Indramayu
BerandaBisnisKekayaan Prajogo Pangestu Kalahkan Pemilik Ali Baba Jack Ma

Kekayaan Prajogo Pangestu Kalahkan Pemilik Ali Baba Jack Ma

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Prajogo Pangestu telah meraih predikat sebagai orang terkaya di Indonesia, menyalip sejumlah tokoh sukses global seperti Jack Ma dan Susanne Klatten.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index yang dirilis pada Minggu (24/12/2023), kekayaan total Prajogo Pangestu mencapai US$31,5 miliar atau setara dengan Rp487,21 triliun (dengan asumsi kurs Rp15.452).

Kekayaan yang berhasil ia kumpulkan ini membawanya masuk ke dalam 50 orang terkaya di dunia, tepatnya menempatkannya di urutan ke-47. Sementara itu, pendiri Alibaba Group, Jack Ma, yang berada di urutan ke-50 memiliki kekayaan sebesar US$29,7 miliar atau setara dengan Rp459,37 triliun.

Sedangkan Susanne Klatten, pewaris saham BMW, harus puas berada di peringkat 54 dengan kekayaan mencapai US$28,5 miliar atau setara dengan Rp440,81 triliun.

Prajogo Pangestu makin dikenal di kalangan investor berkat perusahaan barunya, PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN), yang berhasil mencatatkan market cap sebesar Rp1.003,4 triliun dalam waktu hanya dua bulan setelah perdana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 Oktober 2023.

Bahkan, kapitalisasi pasar BREN milik Prajogo Pangestu sempat bersaing ketat dengan nilai BBCA milik Hartono bersaudara yang saat ini mencapai Rp1.149,4 triliun.

Kekayaan Prajogo Pangestu tidak hanya berasal dari BREN, melainkan juga dari sejumlah perusahaannya seperti PT Barito Pacific Tbk. (BRPT), PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN), dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA). Dalam kurun waktu setahun, kekayaannya melesat lebih dari 8 kali lipat, dari US$5,1 miliar pada tahun sebelumnya menjadi US$43,7 miliar atau sekitar Rp678 triliun.

Posisi kedua orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Low Tuck Kwong dengan kekayaan US$27,4 miliar atau setara dengan Rp423,79 triliun, diikuti oleh Budi Hartono dari Grup Djarum dan BCA dengan harta senilai US$22,6 miliar atau setara Rp349,55 triliun.

Sementara itu, Michael Hartono, saudara dari Budi Hartono, menempati peringkat keempat dengan kekayaan US$21,5 miliar atau setara Rp332,54 triliun.

Anthoni Salim, dengan kekayaan sebesar US$10 miliar atau setara Rp154,67 triliun, berada di posisi terakhir dari lima tokoh terkaya di Indonesia. Namun, dia jauh dari peringkat 100 besar daftar orang terkaya di dunia, berada di posisi ke-220 secara global.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Saputrahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini