Kamis, Mei 9, 2024
30 C
Indramayu
BerandaDaerahJaga Produksi Ikan Stabil, Bupati Indramayu Salurkan Solar Bersubsidi

Jaga Produksi Ikan Stabil, Bupati Indramayu Salurkan Solar Bersubsidi

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Untuk menjaga agar produksi perikanan tangkap tetap stabil dan lebih meningkat, Bupati Indramayu menyalurkan solar bersubsidi untuk para nelayan di Kabupaten Indramayu.

Melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu, solar bersubsidi itu disalurkan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) untuk mengatasi kekosongan yang sedang terjadi.

“Intinya semula kuota solar bersubsidi untuk beberapa SPBN atau SPBU sudah habis sehingga nelayan beberapa hari tidak bisa melaut,” ujar, Kepala Diskanla, Edi Umaedi, pada Sabtu (17/12).

Diungkapkan Edi Umaedi, melalui surat permohonan ketersediaan solar bersubsidi dan langkah koordinasi serta perhatian Bupati Nina kepada nelayan, solar bersubsidi kembali tersedia dan nelayan kembali bisa melaut.

“Melalui surat usulan dan koordinasi Ibu Bupati, alhamdulillah kuota solar bersubsidi untuk nelayan diberikan kuota tambahan, sehingga nelayan dapat melaut kembali,” jelasnya.

Diterangkannya sebagai contoh, alokasi awal Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) Eretan Kulon sebesar 432 Kiloliter. Namun terjadi pengurangan sebesar 136 Kiloliter. Berkat surat tersebut, tambah Edi, kini kuotanya menjadi 424 kiloliter untuk Desember 2022.

Edi Umaedi menambahkan, kepedulian Bupati Nina Agustina kepada nelayan kecil memang sangat tinggi. Hao ini dikarenakan solar bersubsidi hanya diperuntukkan bagi nelayan kecil.

“Solar bersubsidi hanya diperuntukan untuk kapal 30 GT ke bawah. Sementara untuk 30 GT ke atas harus menggunakan solar industri. Bupati dan juga pihak Pertamina yang telah mengabulkan usulan sehingga kuota solar bersubsidi dapat di tambahkan kembali sehingga nelayan dapat melaut kembali,” terangnya.

Sementara itu Tohari, salah seorang nelayan Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu mengatakan, dirinya dan nelayan lain menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina atas penyaluran solar bersubsidi.

“Terima kasih Ibu Nina. Dengan bantuan tersebut, kami bisa melaut kembali,” ucapnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini