Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaDaerahDongkrak Produksi Perikanan Terbesar di Jabar, Bupati Nina Diganjar Apresiasi

Dongkrak Produksi Perikanan Terbesar di Jabar, Bupati Nina Diganjar Apresiasi

spot_img

sekbernews.id – INDRAMAYU – Bupati Indramayu, Nina Agustina, mendapat apresiasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Barat (Jabar).

Nina diganjar apresiasi atas kontribusinya mendongkrak produksi perikanan terbesar di Jabar sepanjang tahun 2021.

Apresiasi untuk Nina disampaikan langsung dalam bentuk penghargaan yang ditandatangani Kepala DKP Jabar, Hermansyah tertanggal 25 Juli 2022.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan ucapan terima kasih kepada bupati Kabupaten Indramayu atas kontribusinya dalam produksi perikanan di Jawa Barat tahun 2021,” demikian bunyi penghargaan itu.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi menjelaskan, produksi perikanan tangkap dan budidaya tahun 2021 di Kabupaten Indramayu mencapai 526.793,03 ton dan Jawa Barat 1.513.594,02 ton.

Sementara kontribusi produksi perikanan Kabupaten Indramayu ke nasional pada tahun 2021 mencapai 2,73 persen dan kontribusi ke Provinsi Jawa Barat mencapai 34,80 persen.

BACA JUGA : Kemnaker : Gunakan 10 Jurus, Pasti Libatkan Warga Batang Proyek KITB

Tak hanya produksi perikanan, Kabupaten Indramayu juga mencatatkan peningkatan produksi garam yang besar. Pada 2021, produksi garam di Kabupaten Indramayu mencapai 70.647,51 ton dan Jawa Barat 127.142,81 ton.

Dengan capaian produksi itu, kontribusi garam Kabupaten Indramayu ke nasional  pada 2021 mencapai 6,47 persen dan kontribusi ke Provinsi Jawa Barat mencapai 55,57 persen.

“’Alhamdulillah, ini merupakan kebahagiaan atas prestasi para pelaku usaha perikanan seperti nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam, pengolah dan pemasar hasil perikanan,” kata Edi, Minggu 31 Juli 2022.

Berdasarkan data dari Diskanla Kabupaten Indramayu, produksi perikanan tangkap dan budidaya pada tahun 2020 di Kabupaten Indramayu mencapai 484.366,10 ton. Sedangkan produksi garam rakyat tahun 2020 di Kabupaten Indramayu mencapai 37.071,89 ton.

Edi menyatakan, atas keberhasilan meningkatkan sektor perikanan dan garam di Kabupaten Indramayu dan kontribusinya untuk Jawa Barat, DKP Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi terhadap Bupati Indramayu, Nina Agustina dan Diskanla Kabupaten Indramayu.

Apresiasi itu tertuang dalam Surat DKP Provinsi Jawa Barat 5388/KPG.11.01/DKP Perihal Ucapan Terima kasih kepada Bupati Indramayu dan Diskanla Kabupaten Indramayu atas kontribusinya dalam pencapaian produksi perikanan dan garam terbesar di Jawa Barat Tahun 2022.

Dalam surat tersebut juga disampaikan harapan agar Diskanla Kabupaten Indramayu dapat melanjutkan program dan kegiatan dalam upaya peningkatan produksi perikanan dan garam.

“Ada piagam penghargaannya, untuk Bupati Indramayu dan Diskanla Kabupaten Indramayu,” terang Edi.

Edi mengungkapkan, Pemkab Indramayu terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemprov Jawa Barat dan Pemerintah Pusat untuk berupaya memfasilitasi teknologi perikanan dan kelautan. Selain itu, fasilitasi pun diarahkan pada sarana dan prasarana perikanan dan kelautan, akses permodalan serta pemasaran.

Hal itu dimaksudkan agar produksi perikanan dan garam serta olahannya dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan secara berkelanjutan. Diharapkan, hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan dan kelautan.

“Terima kasih, kami sampaikan pada Pemprov Jawa Barat atas penghargaan yang diberikan kepada kami di Indramayu, semoga menjadi motivasi untuk berkarya lebih baik,” tukas Edi.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini