Kamis, Mei 9, 2024
30 C
Indramayu
BerandaDaerahBupati Nina: Bendungan Sadawarna Penguat Ketahanan Pangan Indramayu

Bupati Nina: Bendungan Sadawarna Penguat Ketahanan Pangan Indramayu

spot_img

sekbernews.id – SUBANG  Bendungan Sadawarna akan memberikan banyak manfaat untuk pengairan di Indramayu, terutama untuk enam kecamatan. Petani di Kecamatan Gantar, Haurgeulis, Gabuswetan, Patrol, Anjatan, Bongas, dan Sukra akan merasakan manfaat tersebut.

Keberadaan bendungan ini tentu membuktikan bahwa Indramayu merupakan andalan Pemerintah Pusat sebagai lumbung ketahanan pangan nasional.

BACA JUGA:Bupati Nina Minta Tim Koordinasi Bansos Pangan Bertugas Sebaik-Baiknya

Hal itu disampaikan Bupati Indramayu, Nina Agustina, menanggapi penggenangan lokasi Bendungan Sadawarna oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Kamis 1 Desember 2022.

Bendungan yang berlokasi di Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat ini dapat menampung air 44,6 juta meter kubik. Air sebanyak itu bakal mengairi 4.500 hektar area pertanian di Subang dan Indramayu.

BACA JUGA:Bupati Indramayu Ke Cianjur, Beri Motivasi dan Salurkan Logistik Pada Korban Bencana

Dengan suplai air yang stabil, selain bisa mencegah banjir di sepanjang Sungai Cipunegara, yang paling utama adalah para petani di wilayah tersebut bisa mencapai panen dua hingga tiga kali dalam setahun.

Sementara itu Camat Anjatan, Rori Firmansyah, mengucapkan terimakasih atas pembangunan Bendungan Sadawarna. Pihaknya menganggap itu merupakan harapan baru bagi petani di wilayah Kecamatan Anjatan dan sekitarnya.

BACA JUGA:Bupati Indramayu Terus Menggali Potensi Pendapatan Daerah

“Selama ini petani di wilayah kami hanya mengandalkan air dari Saluran Induk Tarum Timur dan Bendung Salam Darma,” pungkasnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini