Kamis, Mei 9, 2024
30 C
Indramayu
BerandaDaerahAnggota DPRD Indramayu Ikuti Bimtek Penyusunan RPJMD di Bandung

Anggota DPRD Indramayu Ikuti Bimtek Penyusunan RPJMD di Bandung

spot_img

Sekbernews.id – BANDUNG Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu terus mengupayakan penguatan tugas dan fungsi mereka melalui kegiatan Bimbingan Teknis. Acara ini berlangsung di Hotel Best Western Premier La Grande Bandung pada tanggal 5 – 6 Februari 2024.

Dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H. Syaefudin, S.H, M.H, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan DPRD Amroni, S.IP, Sirojudin, SP., M.Si, Turah, dan Rektor Universitas Sangga Buana, Dr. Didin Saepudin, SE., M.Si.

Pemateri dari Kementrian Dalam Negeri yang diundang, yaitu Sudaryanto, SE, MM, Triyono Hadi, dan Dr. Rozi Beni, MH, M.Si, memberikan pemahaman mendalam tentang tugas dan fungsi DPRD. Salah satu fokus utama adalah penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Sudaryanto menekankan pentingnya pengelolaan Belanja Pegawai, mewanti-wanti agar tidak melebihi batas maksimal yang telah ditetapkan. Pimpinan dan Anggota DPRD diminta untuk memiliki strategi solusi dan inovasi guna mengantisipasi potensi masalah di bidang tersebut.

Dalam pemateriannya, Dr. Rozi Beni, MH, M.Si, membahas Tata Cara Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan konsep kebijakan tata ruang. Perencanaan dan Pengawasan terhadap Pembangunan Daerah juga menjadi fokus, di mana Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) menjadi acuan penting.

Pentingnya kesepakatan antara Pemerintah Daerah dan DPRD dalam pemanfaatan ruang ditekankan, karena hal ini akan berdampak pada Pembangunan Daerah sebagai perwujudan dari pelaksanaan urusan Pemerintah yang diserahkan ke daerah.

Keseluruhan materi yang disampaikan oleh narasumber memberikan gambaran tentang optimalisasi fungsi DPRD. Hal ini diarahkan pada perlindungan hak-hak dan peningkatan kesejahteraan individu serta masyarakat Kabupaten Indramayu.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini