Kamis, Mei 9, 2024
30 C
Indramayu
BerandaPendidikanTanggal 8 Desember Memperingati Hari Apa? Berikut 3 Peringatan Pentingnya

Tanggal 8 Desember Memperingati Hari Apa? Berikut 3 Peringatan Pentingnya

spot_img

Sekbernews.id – Tanggal 8 Desember merupakan hari yang memiliki arti khusus dengan berbagai peringatan yang terjadi pada tanggal tersebut.

Pada tahun 2023, beberapa peringatan yang menonjol adalah Hari Brownies Nasional, Hari Maria Dikandung Tanpa Noda, dan Hari POM TNI.

Hari Brownies Nasional

Hari Brownies Nasional dirayakan untuk mengenal lebih jauh mengenai kue cokelat ini. Brownies diyakini berasal dari Palmer House Hotel pada tahun 1893, di mana Bertha Palmer, sosialita Chicago terkemuka, meminta seorang koki pastry untuk membuatkan makanan penutup yang cocok untuk wanita yang menghadiri Chicago World’s Columbian Exposition.

Hasil kreasi tersebut adalah Palmer House Brownie dengan kenari dan lapisan aprikot. Sejak tahun 1907, brownies mulai berkembang dengan variasi yang dikenal sebagai Bangor Brownie​​.

Hari Maria Dikandung Tanpa Noda

Peringatan ini berakar pada dogma Katolik yang dinyatakan oleh Paus Pius IX pada tahun 1854. Dogma tersebut menyatakan bahwa Bunda Maria, seketika pada saat pertama ia terbentuk sebagai janin, dibebaskan dari semua noda dosa asal, berkat rahmat istimewa yang diberikan oleh Tuhan.

Dogma ini menekankan bahwa Maria telah dipelihara oleh Tuhan bebas dari dosa asal dan dipenuhi dengan rahmat pengudusan yang biasanya datang melalui baptisan setelah kelahiran, sehingga umat Katolik percaya bahwa Maria bebas dari dosa pribadi atau keturunan​​.

Hari POM TNI

Hari jadi Puspom TNI, yang diperingati setiap tanggal 8 Desember, memiliki peranan penting dalam sejarah dan struktur TNI.

Pada tanggal 3 Mei 2015, Panglima TNI Jenderal Moeldoko merombak struktur satuan Polisi Militer dari Staf Khusus POM TNI menjadi POM TNI sebagai upaya meningkatkan tata tertib dan penegakan hukum di lingkungan TNI.

Sebelumnya, Polisi Militer hanya berada di tiap-tiap kesatuan TNI, seperti Puspomad, Puspomal, dan Puspomau. Kini, POM TNI menjadi otoritas pengawasan tertinggi dalam struktur TNI​​.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Rizki Adi Natahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita hiburan, olahraga, serta kesehatan.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini