Jumat, Mei 10, 2024
28 C
Indramayu
BerandaNasionalSiap-Siap! Jokowi Bagi-Bagi BLT El-Nino Bulan November 2023, Rp400 Ribu/Orang!

Siap-Siap! Jokowi Bagi-Bagi BLT El-Nino Bulan November 2023, Rp400 Ribu/Orang!

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memerintahkan untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 200 ribu per bulan. Bantuan ini merupakan respons pemerintah terhadap dampak yang terjadi akibat kemarau panjang tahun ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan bantuan tersebut akan ditujukan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Masing-masing keluarga akan mendapatkan jatah Rp 200 ribu per bulan pada November dan Desember 2023.

“Mereka akan mendapatkan Rp 200 ribu per bulan untuk November dan Desember,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita Edisi Oktober 2023, dikutip pada Jumat (27/10/2023).

Sri Mulyani mengatakan BLT El Nino diberikan untuk mengungkit daya beli masyarakat kurang mampu di tengah kemarau panjang. Adapun anggaran yang disiapkan sebesar Rp 7,52 triliun.

Selain BLT El Nino, pemerintah juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,67 triliun untuk bantuan beras pada Desember 2023. Bantuan sosial beras ini ditujukan kepada 21,3 juta KPM. Sebelumnya, pemerintah sudah menggelontorkan dana Rp 7,9 triliun untuk bantuan beras pada Maret-Mei 2023 dan Rp 8 triliun untuk periode September-November 2023.

Sri Mulyani menjamin BLT El Nino dan bansos beras ini bakal tepat sasaran. Pemerintah, kata dia, akan menggunakan data yang dimiliki Kementerian Sosial dalam penyaluran bantuan tersebut.

“Kemensos diharapkan bisa mengeksekusi bantuan langsung tunai untuk 18,8 juta KPM yang sudah ada daftar nama, alamat dan nomor akunnya,” ujar Sri Mulyani.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Basnursyahhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini