Jumat, Mei 10, 2024
28 C
Indramayu
BerandaDaerahRS Pertamina Balongan Berikan Pelatihan kepada 20 Pengemudi Ojol

RS Pertamina Balongan Berikan Pelatihan kepada 20 Pengemudi Ojol

spot_img

sekbernews.id – INDRAMAYU Rumah Sakit Pertamina Balongan (RSPBL) memberikan pelatihan kepada 20 pengemudi Ojek Online (Ojol) tentang basic pertolongan pertama (First Aid) pada keadaan darurat. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat RSPBL, Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu,Jumat 21 Oktober 2022

Selain pengemudi ojek online, 4 orang driver PT Kilang Pertamina Internasional RU 6 Balongan juga turut serta dalam pelatihan ini, sehingga total peserta pelatihan berjumlah 24 orang.

BACA JUGA:Hadiri PJS Anak PAUD, Bupati Nina : Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini

Wakil Direktur RSPBL dr Sapta Yudha Oka menyampaikan, keahlian First Aid sangat dibutuhkan oleh banyak khalangan, sebab sering sekali dijumpai kasus-kasus keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan pertama dengan tindakan yang cepat dan tepat, seperti pada kasus kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, kondisi darurat akibat penyakit tertentu, hingga kasus tersedak makanan yang membuat seseorang kehilangan kesadaran atau luka-luka.

BACA JUGA:PDAM Indramayu Respontif Aduan Masyarakat

“Semoga melalui pelatihan first aid ini, para mitra ojek online dan driver di RU 6 memiliki pemahaman dan kemampuan dalam mengambil tindakan secara tepat dalam memberikan pertolongan pada kasus-kasus tersebut”, ungkap dr Sapta.

dr Sapta menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) RSPBL sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pertamedika IHC ke-25. Dikatakannya, RSPBL saat ini juga telah menerima pasien umum dan pasien BPJS sehingga masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan bisa berobat ke RSPBL, namun untuk pasien BPJS harus disertakan rujukan dari Fasilitas Kesehatan tingkat pertama seperti prosedur BPJS pada umumnya.

BACA JUGA:Masyarakat Tegalurung Ucapkan Terima Kasih kepada Bupati Nina Gercep Atasi Perbaikan Jalan

Pada kesempatan tersebut, Agus Sulistiono, mewakili pengemudi ojek online mengatakan pelatihan first aid atau pertolongan pertama pada kondisi darurat ini sangat penting karena tidak jarang saat ia dan rekannya di jalanan menjumpai sebuah insiden namun bingung bagaimana cara memberikan pertolongannya.

“Ya Alhamdulillah sekarang kita sudah tau penanganan dasarnya, jadi gak cuma liat-liat aja tapi bisa bantu juga yang benar”, kata Agus.

Kegiatan yang berlangsung setengah hari tersebut, seluruh peserta pelatihan diberikan pemahaman tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada pasien atau korban henti jantung atau henti nafas dengan melakukan Resusitasi Jantung Paru atau pompa jantung, serta latihan teknik dalam melakukan balut luka.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini