Kamis, Mei 9, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaNasionalPresiden Joko Widodo Lantik Panglima TNI Agus Subiyanto

Presiden Joko Widodo Lantik Panglima TNI Agus Subiyanto

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (22/11/2023), melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan ini mengikuti penetapan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang ditetapkan pada tanggal yang sama.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Keppres oleh Presiden Jokowi, diikuti dengan prosesi penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta jabatan kepada Jenderal Agus Subiyanto.

Selanjutnya, penyerahan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal Agus menandai resmi berpindahnya jabatan tersebut. Pengucapan sumpah jabatan menjadi puncak acara pelantikan.

Dalam sumpah jabatannya, Jenderal Agus Subiyanto menyatakan, “Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara.”

Sehari sebelum pelantikan, pada Selasa (21/11/2023), DPR RI dalam Rapat Paripurna telah menyetujui pencalonan Jenderal Agus Subiyanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), untuk menjadi Panglima TNI. Beliau menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, beberapa tokoh penting negara, di antaranya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju dan para Kepala Staf Angkatan.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Basnursyahhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini