Jumat, Mei 10, 2024
28 C
Indramayu
BerandaDaerahPemdes Tukdana Bangun Irigasi Bersumber dari DD, Percepat Musim Tanam

Pemdes Tukdana Bangun Irigasi Bersumber dari DD, Percepat Musim Tanam

spot_img

sekbernews.id – INDRAMAYU  Pemerintah desa adalah lini terdepan pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat, dan yang paling mengerti akan kebutuhan daerahnya sehingga diharapkan dapat aktif melakukan inovasi-inovasi dan perbaikan konstruksi dalam pembangunan di wilayah pemerintah desa.

Program pembangunan irigasi yang tersebar di beberapa blok, desa Tukdana kecamatan Tukdana kabupaten Indramayu yang merupakan program dari pemerintah pusat untuk melakukan pengembangan atau pembangunan desa.

Para Pekerja Sedang Melakukan Pembangunan Irigasi

Sementara itu menurut Kepala Desa Tukdana, Neny Hastuti melalui sekretaris desa (Sekdes), Ito Meiliyanto menjelaskan pekerjaan irigasi yang ada di desa Tukdana tahun anggaran 2022, pemerintah desa (pemdes) Tukdana menganggarkan pembangunan irigasi pengairan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 2, untuk dapat memaksimalkan hasil produksi pertanian.

Pembangunan irigasi sendiri tersebar di beberapa blok dengan volume awal dalam  RAB sekitar 400 meter, namun pada saat pelaksanaan kegiatan kami melakukan perubahan karena menganggap konstruksi irigasi persawahan ini dengan debit air yang tidak terlalu tinggi.

Bangunan Irigasi di Desa Tukdana Kecamatan Tukdana

Kami melakukan perubahan untuk volume termasuk ketinggian lalu dialihkan ke panjang menjadi bertambah, untuk titik yang tersebar dan melakukan perubahan pada volume dan panjang itu juga berdasarkan dari musyawarah bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), petani dan tokoh masyarakat, tambah Ito.

“Sesuai program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan diharapkan dengan dibangunnya irigasi pengairan akan terus dilanjutkan sehingga tidak ada lagi persawahan mengalami kesulitan pengairan, dan dapat mempercepat musim tanam setiap tahunnya,” harap Ito kepada awak media, Senin 25 Juli 2022.

Menurut salah satu petani, Wardi menyampaikan pembangunan irigasi tersebut sangat membantu untuk pengairan di sawah kami yang berada di desa tukdana, alhamdulilah di tahun 2022 ini pemdes sangat peduli akan nasib para petani dan untuk pembangunan desa menjadi lebih berkembang, para petani ucapkan terima kasih kepada pemdes Tukdana saat ini, tukasnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini