Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaBudparLiburan ke Indramayu pada Imlek 2023, Jangan Lupa Oleh-Oleh Ini

Liburan ke Indramayu pada Imlek 2023, Jangan Lupa Oleh-Oleh Ini

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Imlek 2023 sudah menjelang. Buat yang mau liburan dan bingung mau kemana, Indramayu bisa menjadi pilihan utama. Banyak tempat wisata menarik disini, dan tentu saja oleh-oleh kulinernya juga tak kalah enak.

Selain menikmati makanan khas Indramayu saat berlibur ke sana, jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Indramayu. Setiap kota pasti memiliki aneka jenis oleh-oleh yang khas untuk bisa dibeli. Jika tak bisa membawa pulang pedesan entog atau nasi lengko karena memang mudah basi, maka pilih oleh-oleh yang lebih awet dan mudah untuk dibawa.

Salah satu jenis oleh-oleh yang paling terkenal adalah mangga Indramayu. Memang benar bahwa mangga adalah hasil bumi cukup besar dari wilayah ini. Apalagi jika musim mangga sudah dimulai, harganya pun pasti sangat murah. Untuk membeli mangga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di jalan-jalan. Tapi selain mangga, kira-kira apa lagi yang bisa dijadikan oleh-oleh?

Aneka Macam Pilihan Oleh-Oleh Khas Indramayu

Makanan berupa kudapan pada;ah pilihan yang paling mudah dan cukup awet jika dijadikan oleh-oleh. Kudapan khas ini cukup menarik karena tak bisa ditemukan di luar Indramayu. Ada beberapa pilihan kudapan berikut ini yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Dodol Raragudig

Dodol merupakan kudapan yang sangat terkenal dari wilayah Jawa Barat. Indramayu memiliki jenis dodol yang bentuknya mirip seperti wajik hanya saja teksturnya lebih halus dan kering. Pada bagian dalam dodol terdapat gula merah dan kudapan ini dibungkus dengan kertas minyak.

Keripik Tike

Selain dodol, Indramayu juga terkenal dengan oleh-oleh berupa keripik. Salah satunya adalah keripik tike yang dibuat dari bahan umbi rumput teki. Rasanya gurih dan cukup berbumbu, teksturnya sangat renyah karena bahan digoreng dengan tepung dan sangat tipis.

Kerupuk Bonggol Pisang

Makanan renyah lainnya yang tak boleh dilewatkan sebagai oleh-oleh khas Indramayu adalah kerupuk bonggol pisang. Kerupuk ini benar-benar terbuat dari bonggol pisang dan merupakan olahan terbaru dari pemuda penduduk Indramayu. Kerupuk ini bisa ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh khas Indramayu.

Kue Koci

Biasanya kudapan ini disajikan pada saat acara pernikahan, namun kini tersedia juga untuk oleh-oleh. Kue koci atau biasa disebut juga pociterbuat dari bahan tepung ketan dan diisi dengan parutan kelapa manis gula merah. Panganan ini dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk seperti prisma.

Kerupuk Kulit Ikan

Bahannya memang ‘limbah’, yakni limbah kulit ikan. Namun siapa sangka dari buangan fillet ikan tersebut, kemudian tersaji kerupuk kulit ikan yang bikin banyak orang kecanduan. Selain harganya murah, kerupuk kulit ikan ini enak disantap dengan nasi atau langsung dimakan sembari bercengkerama dengan anggota keluarga.

Dari semua oleh-oleh khas Indramayu ini manakah yang akan Anda beli? Jangan lupa untuk membeli dalam jumlah banyak ya, agar semua kebagian.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini