Kamis, Mei 9, 2024
28.5 C
Indramayu
BerandaNasionalKapan Sidang Isbat Ramadhan 2024 Dilaksanakan? Ini Jadwalnya

Kapan Sidang Isbat Ramadhan 2024 Dilaksanakan? Ini Jadwalnya

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia berencana menggelar sidang isbat untuk menentukan awal bulan puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah.

Keputusan sidang ini akan didasarkan pada hasil pantauan atau rukyatul hilal yang dilakukan di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ketinggian hilal pada 29 Syakban 155 H atau Minggu (10/3/2024) masih di bawah nol derajat.

Dengan demikian, ketinggian hilal pada saat rukyatul hilal berpotensi belum memenuhi kriteria baru MABIMS, yakni minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

Sidang isbat awal Ramadhan 1445 H dijadwalkan akan digelar pada Minggu (10/3/2024) di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara hybrid, baik daring maupun luring.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, menyatakan bahwa sidang isbat ini bertujuan memberikan kepastian kepada masyarakat terkait pelaksanaan ibadah puasa.

Tim Hisab dan Rukyat Kemenag akan terlibat dalam sidang isbat, yang juga akan dihadiri oleh perwakilan organisasi masyarakat Islam dan duta besar negara sahabat.

Perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta BMKG juga akan turut serta, bersama undangan lainnya. Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi VIII RPR RI juga diundang untuk hadir pada sidang isbat tersebut.

Tahapan sidang isbat awal bulan puasa 2024 melibatkan tiga sesi utama. Pertama, pemaparan posisi hilal akan dilakukan pada pukul 17.00 WIB berdasarkan hasil hisab oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag. Sesi ini akan terbuka untuk umum dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Bimas Islam Kemenag.

Kedua, setelah shalat maghrib, Kemenag akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1445 H secara tertutup. Sidang ini akan merujuk pada hasil rukyatul hilal untuk mendukung keputusan penetapan.

Sementara itu, tahap ketiga adalah konferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan melalui media sosial Kemenag. Pada konferensi pers ini, hasil keputusan awal bulan puasa akan diumumkan kepada masyarakat Indonesia.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Basnursyahhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini