Kamis, Mei 9, 2024
30.1 C
Indramayu
BerandaBisnisCyber Monday: Pengertian, Sejarah, dan Perkembangannya

Cyber Monday: Pengertian, Sejarah, dan Perkembangannya

spot_img

Sekbernews.id – Cyber Monday merupakan hari belanja online yang ditandai dengan promo diskon besar-besaran. Event ini terjadi pada hari Senin setelah liburan Thanksgiving Day.

Cyber Monday di tahun 2023 ini jatuh pada hari ini, Senin (27/11/2023). Sehingga Anda bisa berburu diskon besar-besaran di berbagai platform e-commerce.

Toko-toko online di berbagai penjuru dunia, termasuk platform e-commerce terkemuka seperti Amazon dan eBay, menawarkan berbagai jenis diskon dan promo pada hari tersebut​.

Konsep Cyber Monday muncul pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 2005. Diperkenalkan oleh US National Retail Federation, tujuannya adalah untuk mengajak orang berbelanja secara online.

Pada 28 November 2005, Shop.org merilis istilah “Cyber Monday” melalui pers rilis, yang kemudian menjadi populer hingga saat ini. Cyber Monday dimulai sebagai bagian dari strategi pemasaran yang berbeda dari Black Friday, yang lebih terfokus pada toko fisik​​.

Meskipun terjadi berdekatan, Cyber Monday dan Black Friday memiliki target pasar yang berbeda, dengan Cyber Monday secara spesifik mengincar pasar online​​.

Cyber Monday 2023 diproyeksikan sebagai hari belanja online terbesar di Amerika Serikat. Pada Black Friday, yang terjadi sehari setelah Thanksgiving, pengecer telah menawarkan diskon rata-rata sekitar 30% di AS, dengan konsumen menghabiskan sekitar $16.4 miliar secara online di AS dan $70.9 miliar secara global​​.

Adobe Analytics memperkirakan bahwa pada Cyber Monday 2023, pembelanja akan menghabiskan rekor $12 miliar, meningkat 5.4% dari tahun sebelumnya.

Ini menandakan bahwa Cyber Monday akan menjadi hari belanja e-commerce terbesar di AS. Produk elektronik diprediksi akan mendapatkan diskon rata-rata 30%, sementara untuk furnitur sekitar 19%​​.

Selain itu, diperkirakan pembelanja yang membeli di menit-menit terakhir pada Cyber Monday dapat menghabiskan $4 miliar hanya antara pukul 6 sore hingga 11 malam EST, karena kekhawatiran akan penurunan diskon setelah waktu tersebut​​.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Rizki Adi Natahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita hiburan, olahraga, serta kesehatan.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini