Sabtu, Mei 4, 2024
30.8 C
Indramayu
BerandaKriminalTertipu Akun Facebook Palsu H. Gory Sanuri, Warga Indramayu Ini Lapor Polisi

Tertipu Akun Facebook Palsu H. Gory Sanuri, Warga Indramayu Ini Lapor Polisi

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Maraknya media sosial memudahkan banyak orang untuk berkomunikasi. Namun tak sedikit yang memanfaatkannya untuk tindak kejahatan, seperti penipuan.

Hal ini dialami oleh seorang warga Desa Jatisawit, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, yang bernama Angel baru-baru ini. Ia mengaku tertipu oleh sebuah akun Facebook.

“Betul, kami menjadi korban penipuan di Facebook,” ungkap Angel, pada Kamis (21/3/2024).

Angel menuturkan kronologi dari kerugian yang dialaminya akibat penipuan tersebut. Pada mulanya ia melihat sebuah iklan lowongan pekerjaan yang diunggah oleh sebuah akun bernama H. Gory Sanuri.

Pada mulanya Angel menerima permintaan pertemanan dari akun tersebut. Lantas akun itu mengunggah lowongan kerja di PT Pertamina Balongan untuk posisi security dan sopir.

Angel merasa yakin bahwa akun tersebut milik seorang pengusaha yang cukup populer di Indramayu. Sebab dari profilnya ia sering membagikan foto-foto kegiatan pribadinya.

“Saya pun tertarik dan mulai mengirim pesan pribadi ke akun tersebut,” lanjutnya.

Angel pun mengajak adik dan kerabatnya untuk ikut serta mendaftar lowongan pekerjaan itu. Lalu percakapan pun berlanjut ke WhatsApp.

Di percakapan WhatsApp ini, akun H. Gory Sanuri tersebut meminta sejumlah uang untuk pembelian bajub seragam berupa wearpack dan celana panjang senilai Rp2.210.000 perorang.

Awalnya akun tersebut meminta transfer ke rekening Bank Mandiri atas nama Hafiza Aulia dengan nomor 1630010021585 namun dibatalkan sepihak.

Selanjutnya akun tersebut meminta transfer dilakukan lewat e-wallet DANA dengan nama akun DNID HAFXXX AULX dengan nomor transaksi 390108387634858.

Setelah ditransfer, kerabat Angel kemudian mengonfirmasi ke H. Gory Sanuri secara langsung. Barulah diketahui bahwa akun Facebook tersebut palsu.

“Saya sudah menghubungi langsung H. Gory Sanuri. Akun tersebut palsu,” terang Angel.

Angel pun menceritakan komunikasinya dengan H. Gory. Menurutnya H. Gory tidak lagi mengendalikan akun tersebut karena pernah kehilangan ponsel.

Masih kata Angel, H. Gory meminta semua pihak untuk berhati-hati karena itu penipuan yang mengatasnamakan dirinya dan mencemarkan nama baiknya.

Karena merasa ditipu, akhirnya Angel melaporkan akun tersebut ke Polres Indramayu pada Rabu (20/3/2024) dengan tuduhan penipuan dan penggelapan dengan total kerugian Rp5.320.000.

“Saya memohon agar Bapak Kapolres Indramayu AKBP M. Fahri Siregar untuk segera menangkap pelaku penipuan atas nama akun H. Gory Sanuri tersebut,” pungkasnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini