Jumat, Mei 10, 2024
28 C
Indramayu
BerandaPolitikTerbanyak, PDIP Cirebon Boyong 13 Kursi DPRD di Pemilu 2024

Terbanyak, PDIP Cirebon Boyong 13 Kursi DPRD di Pemilu 2024

spot_img

Sekbernews.id – CIREBON Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon telah menyelesaikan proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024.

Proses tersebut berlangsung mulai 27 Februari 2024 hingga 2 Maret 2023 di ballroom Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Kecamatan Sumber.

Hasil rekapitulasi menunjukkan kemenangan besar bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Cirebon, yang berhasil meraih 13 kursi dari total 50 kursi parlemen.

Meskipun bukan kali pertama menjadi pemenang, PDIP sempat tergeser oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada periode 2019-2024.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Rudiana, mengungkapkan bahwa total perolehan suara PDIP Kabupaten Cirebon mencapai sekitar 129.132 suara.

Dengan demikian, meskipun keputusan resmi dari KPU belum diumumkan, PDIP dapat mengisi 13 kursi di DPRD Kabupaten Cirebon.

“Alhamdulillah PDIP Kabupaten Cirebon kembali menjadi pemenang pemilu. Ini atas kerjasama dan dukungan semua pihak. Ini membuktikan mesin partai bekerja secara maksimal,” kata Rudiana dalam keterangan resminya pada Senin (4/3/2024).

Rudiana juga memberikan estimasi perolehan kursi untuk beberapa partai lainnya. PKB diperkirakan memperoleh 9 kursi, sementara Gerindra dan Golkar masing-masing dapat memperoleh 7 kursi.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diestimasi memperoleh 6 kursi, sementara Nasdem dan Demokrat diprediksi masing-masing meraih 4 kursi.

“Ini adalah hasil estimasi dari KPU. Kita wajar menghitung angka-angka untuk kursi di DPRD Kabupaten Cirebon. Hasil finalnya akan diumumkan oleh KPU,” tambah Rudiana.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini