Sabtu, Maret 2, 2024
BerandaHukumPabrik Petasan di Indramayu Meledak Gemparkan Warga

Pabrik Petasan di Indramayu Meledak Gemparkan Warga

Reporter : Toto

sekbernews.id – INDRAMAYU Sebuah tempat produksi petasan yang diketahui milik Wardi (70 tahun), di Blok Bangkir, Desa Telukagung, Kabupaten Indramayu meledak, Selasa 23 Maret 2022. Meski tak ada korban jiwa, namun kejadian menggemparkan warga setempat. Pasalnya dentuman terdengar hingga radius 1 kilometer (KM).

Puluhan warga setelah mendengar dentuman keras mendatangi lokasi. Mereka melihat asap serta kobaran api menyala dan membumbung tinggi. Namun mereka tak berani melakukan tindakan apa-apa. Pasalnya kobaran api dari tempat produksi petasan masih menyala. Akibat ledakan dan kebakaran itu, tempat pembuatan petasan tersebut hangus.

Peristiwa itu diduga seseorang sedang meracik bahan-bahan untuk membuat petasan. Hanya dia sial, karena bahan-bahan yang tengah diracik itu meledak dan terbakar. Ledakan terjadi di ruang belakang sebuah rumah yang selama ini dijadikan pabrik pembuatan petasan rumahan. Rumah tersebut diketahui milik Wardi (70 tahun) warga setempat.

BACA JUGA : Tim Jaksa Pengacara Negara Berhasil Selamatkan Investasi 4,6 Triliun

Berdasarkan keterangan warga, ledakan terjadi beberapa saat sebelum Wardi memproduksi petasan. Sebelum ada ledakan, sempat terdengar teriakan warga. Ledakan dipicu akibat penguapan pada saat akan dijemur. ” Petasan yang meledak itu ukurannya kecil,” ucap salah satu warga setempat.

Kapolres Indramayu AKBP M Lukman Syarif melalui Kasat Reskrim AKP Fitran Romajimah membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya tidak ada korban jiwa akibat ledakan tersebut. ” Berdasarkan sejumlah keterangan saksi mengatakan, kronologi ledakan tersebut bersumber dari bahan baku petasan jenis potasium. ” kata  Fitran Romajimah.

Pihaknya juga telah mendatangi lokasi kejadian dan memasang garis polisi. Hal ini guna menyelidiki penyebab terjadinya ledakan petasan tersebut. Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi menemukan bahan petasan dan selongsong petasan yang terbuat dari kertas. “Untuk mengetahui penyebab pastinya kami akan melakukan pendalaman dengan meminta keterangan dari pemilik rumah,” lanjut Fitran.

BACA JUGA : Kejagung Amankan 2 Orang  Mengaku  Jaksa dan Lakukan Penipuan

Sejumlah barang bukti seperti potasium dan bahan-bahan pembuat petasan juga telah diamankan polisi. “Beruntung tidak ada korban, ledakan juga kecil. Untuk penyebabnya masih diselidiki, untuk barang bukti yang diamankan diantaranya bahan pembuat petasan dan petasan yang sudah jadi,” ujarnya.

Editor : L. Darsono

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini