Selasa, Juli 16, 2024
28.4 C
Indramayu
BerandaDaerahProsesi Kurban Pertamina Balongan Sudah Sesuai Syariat

Prosesi Kurban Pertamina Balongan Sudah Sesuai Syariat

Sekbernews.id – INDRAMAYU Prosesi penyembelihan hewan kurban di lingkungan Pertamina RU VI Balongan berlangsung aman dan lancar pada Hari Raya Idul Adha (17/6/2024).

Di halaman Masjid Sabilul Muttaqien Bumi Patra, sebanyak 16 ekor sapi dan 77 ekor kambing disembelih dalam kegiatan ini.

Ketua Pelaksana Penyembelihan Kurban RU VI, Harun Al Rasyid, menyatakan bahwa tata cara penyembelihan hewan kurban di Kilang Balongan selalu mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan berdasarkan ajaran agama dan tradisi Rasulullah SAW.

“Proses penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan mengucapkan Bismillah dan menyebut nama Allah SWT, serta membaca ‘Bismillahi Allahu Akbar’,” ujar Harun.

Harun menjelaskan bahwa penyembelihan hewan kurban di lingkungan perusahaan melibatkan Juru Sembelih Hewan Halal (Juleha) sehingga hewan yang disembelih sesuai dengan syariat Islam.

Selain itu, untuk memastikan bahwa daging kurban yang akan disalurkan kepada masyarakat aman dikonsumsi, dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu turut hadir.

“Dari hasil pengawasan tim dokter hewan, ditemukan beberapa organ hati sapi dan kambing yang tidak layak konsumsi karena mengandung cacing pipih. Organ hati yang rusak ini tentunya kami buang agar tidak dikonsumsi masyarakat,” terang Harun.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR PT KPI RU VI Balongan, Mohamad Zulkifli, menyatakan bahwa kelancaran prosesi penyembelihan hewan kurban ini tidak terlepas dari persiapan yang matang serta dukungan pengamanan dari TNI.

“Alhamdulillah, prosesi penyembelihan berjalan lancar, dan warga yang mengambil daging kurban juga terlayani dengan baik,” ungkap Zulkifli.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini