Minggu, Juni 16, 2024
29.7 C
Indramayu
BerandaPemerintahanPemcam Lelea Gelar Training Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Aparatur Desa

Pemcam Lelea Gelar Training Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Aparatur Desa

Reporter : Eddy

sekbernews.id – INDRAMAYU   Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur Pemerintahan Desa (Pemdes), Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Lelea Kabupaten Indramayu menggelar pelatihan untuk jajaran aparatur Pemdes Nunuk.

Pemcam Lelea melakukan Pembinaan dan Pengawasan Desa melalui fasilitasi administrasi tata pemerintahan desa, dengan melaksanakan giat Peningkatan kapasitas Aparatur Pemdes Nunuk. Kegiatan ini diikuti oleh Perangkat Desa Nunuk sebanyak 18 orang terdiri dari Sekretaris Desa (Sekdes), Kepala Urusan (Kaur), Kepala seksi (Kasi) dan staf, Jumat 8 April kemarin.

Berbagai materi disampaikan pada pelatihan ini dengan harapan kapasitas dan kapabilitas aparatur Desa Nunuk dapat meningkat. Materi yang disampaikan meliputi Perencanaan Pembangunan Desa, dilanjut dengan materi Pengelolaan Keuangan Desa. 

BACA JUGA : Dirjen POI KKP : Kampung Budidaya Perikanan Nila Salin

Selain itu juga diberikan materi tentang Laporan Kepala Desa (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Laporan Pertanggungjawaban Realisasi APBDEs).

Di samping itu diberikan pula materi tentang pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan, Administrasi Kependudukan, dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Tampil sebagai pemateri pada kegiatan pelatihan ini antara lain Camat Lelea Tanti Wydiasari, Sekretaris Kecamatan Lelea Majruri, Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ruskamto, Kasi Tata Pemerintahan Maksudin, dan Plt. Kasi Kesos Dasuni.

BACA JUGA : Keren Menteri PUPR Basuki Promosikan Jalur Pantai Selatan

Camat Lelea Tanti Widyasari menyatakan pentingnya dilakukan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, kapasitas dan kapabilitas aparatur Pemdes. Diharapkan, dengan meningkatnya SDM aparatur desa, maka pengelolaan tata pemerintahan, tata keuangan, dan pengelolaan desa secara keseluruhan akan lebih baik.

“Saya berharap dengan diadakannya pelatihan ini akan meningkatkan kualitas SDM aparatur desa sehingga pengelolaan desa ke depan akan lebih baik,” ujar Tanti

Editor : L. Darsono

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini