Selasa, Februari 27, 2024
BerandaPemerintahanDirjen POI KKP : Kampung Budidaya Perikanan Nila Salin Indramayu Jadi “Icon...

Dirjen POI KKP : Kampung Budidaya Perikanan Nila Salin Indramayu Jadi “Icon Baru”

Reporter : Toto

sekbernews.id – INDRAMAYU  Potensi perikanan Kabupaten Indramayu diakui merupakan yang terbesar di Jawa Barat. Potensi tersebut kini semakin berkembang dengan diperolehnya dukungan dari Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia yang membentuk Kampung Perikanan Budidaya Nila Salin beberapa waktu lalu.

Kampung Perikanan Budidaya Nila Salin yang bertempat di Desa Wanantara Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri KKP RI No. 16 Tahun 2022 Tentang Kampung Perikanan Budidaya, Kabupaten Indramayu.

Direktur Pakan dan Obat Ikan (POI) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya KKP, Ujang Komarudin menyambangi lokasi Kecamatan Sindang pada Sabtu 9 April 2022. Kedatangannya kali ini bukan saja untuk melihat secara langsung perkembangan budidaya ikan nila di Kampung Budidaya Perikanan Nila Salin Desa Wanantara, namun juga sekaligus menyerahkan Keputusan Menteri (Kepmen) Kelautan dan Perikanan tentang Penetapan Kampung Perikanan Budidaya di Indramayu. Kempen KP ini merupakan pengakuan KKP terhadap usaha budidaya ikan Nila Salin di Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA : Keren Menteri PUPR Basuki Promosikan Jalur Pantai Selatan

Ujang Komarudin berharap semoga Kampung Budidaya Perikanan Nila Salin Desa Wanantara menjadi icon baru kawasan pertumbuhan ekonomi pedesaan. Diharapkan semua desa dapat mengembangkan kawasan ekonomi pedesaan dengan ciri khas masing-masing wilayah.

“Semoga ini menjadi icon baru kawasan pertumbuhan ekonomi. Desa lain juga dapat mengembangkan sesuai dengan ciri khas masing-masing daerah,” ujar Komarudin

Kunjungan Direktur POI Ditjen Perikanan Budidaya KKP RI ini disambut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Barat yang diwakili Kepala Bidang Pembudidaya Ikan, Pengolahan, dan Hasil Perikanan (Kabid Pilahsar) Eri Donari, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu Edi Umaedi beserta jajarannya, dan perwakilan dari Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya BLUPPB Kabupaten Kawarang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Babinsa, Kuwu Desa Wanantara, Penyuluh Perikanan, para pembudidaya ikan nila, dan juga masyarakat setempat.

Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi menyampaikan terima kasih kepada Menteri KKP RI yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada Kabupaten Indramayu dengan menerbitkan Kepmen KP Penetapan Kampung Perikanan Budidaya di Indramayu.

BACA JUGA : Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Anggota

Edi juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Wanantara yang mendukung kegiatan ini. Semoga Desa Wanantara nantinya akan menjadi lokasi wisata khas ikan Nila Salin.

“Alhamdulillah, Pak Kuwu dan masyarakat sangat mendukung dan ingin menjadikan kawasan dimaksud menjadi lokasi wisata tambak khas kuliner nila salin,” ungkap Edi Umaedi.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskanla Kabupaten Indramayu Dewi Sri Hartati menyatakan, dengan ditetapkannya Kampung Perikanan Budidaya di Kabupaten Indramayu diharapkan terjalin sinergitas berbagai potensi untuk mendorong berkembangnya usaha budidaya ikan nila salin yang berdaya saing dan berkelanjutan, yang digerakkan oleh masyarakat sehingga mampu menjamin produksi yang kontinyu dan terjadwal. 

Editor : L. Darsono

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini